Ini Perbedaan Spesifikasi Norton Atlas Nomad dan Ranger

0
Spesifikasi Norton Atlas Nomad dan Ranger
Norton Atlas Nomad dan Ranger berneda peruntukannya. Foto: norton

NaikMotor – Pabrikan dari Inggris menghadirkan dua Scrambler untuk mengenang Norton Atlas 750cc twin 1962. Ini spesifikasi Norton Atlas Nomad dan Ranger itu yang ternyata berbeda.

Desain keduanya mengikuti tren neo-retro dengan tangki mulus. Rangka twin tube, knalpot meninggi dengan pelindung panas, panel meter membulat analog namun mendapat sentuhan moderen pada lampu depannya yang LED membulat.

Mesin keduanya adalah pangkasan dari mesin superbike Norton V4RR, dan hanya memanfaatkan dua silinder depannya sehingga menjadi parallel-twin 650cc, DOHC, liquid-cooled, fuel-injected dengan urutan pengapian 270 derajat. Mesin akan menghasilkan 84 daya kuda dan torsi 64Nm.

Sistem pengereman keduanya akan dilengkapi cakram ganda full floating 320mm di bagian depan dengan kaliper radially mounted produk Brembo. Pada bagian belakang, cakram tunggal 245mm monoblock callipers twin-piston produk Brembo. Sistem dilengkapi ABS dua kanal.

Tetapi keduanya berbeda peruntukannya, Atlas Nomad sebagai allroader yang lebih berorientasi penjelajah kota, sedangkan Atlas Ranger sebagai offroader. Sehingga spesifikasi Norton Atlas Nomad dan Ranger berbeda pada beberapa fitur.

Ranger misalnya menggunakan ban ukuran 19″ di bagian depannya, sedangkan Nomad 18″. Ranger dilengkapi dengan paruh bebek di atas fendernya layaknya motor adventure dan windscreen mungil. Ranger juga dilengkapi gril pelindung pada lampu depannya.

Sementara pada suspensi depannya, ternyata Ranger juga memiliki travel lebih panjang, 200mm, Nomad 150mm. Meski keduanya dibekali suspensi USD Roadholder 50mm. Sehingga tinggi jok Ranger 867mm sedangkan Nomad 824mm. Perbedaan lainnya wheelbase Ranger 1.470mm, dan Nomad 1.446mm. Hasilnya, Nomad akan lebih lincah di perkotaan .

Keduanya akan ditawarkan dalam 2 pilihan grup varian warna, Factory dan Special. Factory terdiri Titanium Grey dan Manx Silver, sedangkan Special pilihannya Royal Red, Galactic Black dan Diamond White. Keduanya akan mulai tersedia pada awal Mei 2019 di Inggris, Amerika beberapa bulan kemudian dan akhir 2019 Australia. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here