Ini Kalender Balap ARRC Musim 2019, Sirkuit Sentul dan Madras Dicoret

0
995
ARRC Musim 2019
Ahmad Yudhistira, Manual Tech KYT Kawasaki Racing di ARRC Sentul 2017. Foto: Tim NaikMotor.com

NaikMotor – Asia Road Racing Championship (ARRC), kejuaraan balap Asia paling prestisius resmi membuka kalender balap ARRC musim 2019. Ada beberapa perubahan yang terjadi, salah satunya hilangnya Sirkuit Sentul, Indonesia.

Tapi tidak cuma Sentul Indonesia, Sirkuit Madras, India, yang tahun lalu ada di kalender balap ARRC juga hilang di musim depan. Gantinya ARRC musim 2019 akan menggunakan sirkuit baru di Korea Selatan dan memakai Sirkuit Sepang, Malaysia.

ARRC Musim 2019
Komunitas Honda Jawa Barat menonton balap ARRC 2017 Sentul. Foto: istimewa

Sirkuit Sentul dan Madras Motor Race Track tidak ada dalam kalender 2019 karena kedua sirkuit perlu di-upgrade untuk menjadi tuan rumah kelas ASB1000,” tulis Two Wheels Motor Racing (TWMR), promotor ARRC dalam keterangan resmi.

Gonjang-ganjing soal hilangnya Sentul sudah diprediksi sejak ARRC mulai membuka kelas ASB1000 musim 2018. Di mana Sirkuit Sentul dan Madras dinilai kurang layak untuk menggelar balapan 1.000cc karena terkait keselamatan.

Hilangnya Sirkuit Sentul dari kalender balap musim depan bukan cuma sekedar hilangnya event balap internasional. Di sisi lain ini merupakan kerugian buat pembalap Indonesia yang punya kans podium lebih besar ketika tampil di home race.

ARRC Musim 2019

Balik ke kalender balap ARRC musim 2019, format balap masih seperti musim-musim sebelumnya yakni menggunakan sistem 2 race. Hanya saja jumlah balapannya bertambah dari sebelumnya 6 seri menjadi 7 seri.

Sirkuit Sepang Malaysia dan Chang Buriram Thailand masing-masing akan menggelar dua seri. Sisanya sebanyak 3 seri dibagi rata oleh Sirkuit Bend Motorsport Australia, Suzuka Jepang dan Korea International Circuit, Korsel.

Tes pramusim akan mulai digelar 5-6 Maret di Sepang, Malaysia dan langsung masuk seri perdana 2019 pada tanggal 8 Maret di tempat yang sama. Sedangkan seri terakhir digelar di Sirkuit Chang, Thailand akhir November 2019.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*