Triumph Scrambler 1200 XC dan XE, untuk Memilih All Roader atau Offroader

0
211
Triumph Scrambler 1200 XC dan XE
Triumph Scrambler 1200 XC dan XE, antara all roader dan offroader. Foto: Triumph

NaikMotor – Pabrikan dari Inggris ini menampilkan Scrambler berbasis Triumph Bonneville dengan 2 varian berbeda habitat. Triumph Scrambler 1200 XC dan XE.

Keduanya, Scrambler berbasis Bonneville dengan karakter kemampuan offroad. Jangan terpengaruh nama belakangnya, meski Triumph Scrambler 1200 XC diembeli XC ternyata varian ini lebih cocok untuk allroad, sementara Scrambler 1200 XE, justru lebih tangguh sebagai offroader.

Basis Triumph Scrambler 1200 XC dan XE adalah Triumph Bonneville T120. Bermesin 1.200cc parallel twin. Bedanya pada Scrambler 1200 mesin telah ditune untuk menghasilkan 89 daya kuda, dan 110 Nm, atau seperdelapan lebih kuat daripada basisnya.

Penampilan keduanya bersosok jangkung seperti offroader 1960-an, dengan knalpot tinggi berpelindung agar tidak menyengat kaki pengendaranya. Seperti pada Tiger, Triumph membuat langkah yang sama untuk membedakan sedikit antara Triumph Scrambler 1200 XC dan XE.

XE akan dibekali fitur tangguh untuk offroad, seperti suspensi depan gold, foot control folding, mode riding offroad Pro, travel suspensi 250mm (pada XC 200mm), swing arm lebih panjang dan ditambah handguard. XC sepertinya akan lebih anggun dengan fitur standarnya.

Namun keduanya akan membawa fitur-fitur terkini, seperti rem Brembo dengan cakram pada kedua roda, cartridge garpu depan Showa, suspensi belakang Ohlins yang bisa diatur, dan pelek 21″ jari-jari di bagian depan. Serta stang yang diatur ketinggiaannya, fitur pertama offroad di kelasnya.

Meski sudah diperkenalkan secara terbuka, namun harga keduanya baru akan diumumkan Desember 2018 mendatang. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*