Hitung-hitungan Marc Marquez Bisa Kunci Juara Dunia ke-5 di Motegi

0
107
R10 Sirkuit Aragon akan Dinamai Tikungan Marc Marquez
Marc Marquez akan diabadikan namanya di salah satu tikungan Sirkuit Aragon. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Marc Marquez memiliki peluang mengunci gelar Juara Dunia MotoGP 2018 di Sirkuit Motegi Jepang. Tapi tentu tak semudah itu, ada hitung-hitungannya jika Marquez ingin mengunci juara dunia ke-5 musim ini.

Saat ini Marquez memiliki 271 poin, disusul Andrea Dovizioso dengan 194 poin di tempat kedua dan Valentino Rossi di posisi ketiga dengan 172 poin. Selisih poin Marquez beda 77  dari Dovi dan 99 poin dari Rossi.

Meskipun cukup jauh, tapi MotoGP musim 2018 masih menyisakan 4 seri termasuk Jepang. Dengan demikian masih tersisa 100 poin bagi Dovi dan Rossi untuk menyusul (meski kecil) atau mendekati Marquez.

Marc Marquez

Skenario pertama. Marquez bisa mengunci jurdun ke-5 di Motegi asal finish pertama. Dengan total 295 poin (nantinya), perolehannya tidak bisa dikejar lagi oleh Dovi meski finis kedua yang menjadi 219 poin.

Skenario kedua. Marquez bisa mengunci jurdun ke-5 di Motegi dengan finis kedua, ketiga dan keempat asal Dovi tetap finis dibelakangnya. Dengan kata lain siapapun boleh podium pertama asal bukan Dovi.

Skenario ketiga. Jika Marquez sedang apes dan jatuh serta tidak dapat melanjutkan balap ia tetap bisa mengunci jurdun ke-5 di Motegi asal Dovi finis tidak lebih dari posisi ke-14 dan Rossi tidak menang.

Skenario keempat. Marquez finish kelima, Dovi tidak lebih tinggi dari posisi keempat. Marquez finish antara ke-7 sampai ke-15, yang penting Dovi tidak finish di posisi lebih dari dua tingkat di depannya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*