Kampanye Helm untuk Emak oleh Vixion Club Bekasi

0
Kampanye Helm untuk Emak
Vixion Club Bekasi kampanye Helm untuk Emak di Babelan, Bekasi. Foto: istimewa

NaikMotor – Komunitas pengguna Yamaha Vixion di Bekasi ini peduli keselamatan ibu-ibu pemotor. Mereka menggelar kampanye Helm untuk Emak.

Sudah menjadi pengetahuan umum jika ibu-ibu pemotor seringkali menjadi biang masalah di jalan raya. Misalnya ibu-ibu mengendarai sepeda motor tidak menggunakan helm dan berbelok ke kanan tetapi lampu sein ke kiri, seperti yang sering diunggah di sosial media dan menjadi viral. Sehingga ada istilah the Power of Emak-emak.

Hal itu menjadi perhatian Vixion Club Bekasi (Vixbec), untuk menggelar kampanye Helm untuk Emak di bilangan Perumahan Graha Harapan Regency (Babelan), (3/10/018). Meski sebenarnya pada prakteknya lebih luas lagi memupuk kesadaran para ibu-ibu mengenai keselamatan berkendara di jalan.

Mengingat korban fatal akibat kecelakaan lalu lintas didominasi pemotor. Sementara peran ibu cukup penting sebagai kepala rumah tangga yang bisa memberikan contoh baik bagi anak-anak dan keluarganya .

Dalam kegiatan ini VixBec juga menginformasikan jenis-jenis helm yang efektif untuk digunakan demi keselamatan berkendara, dan yang menarik dalam kegiatan ini adalah adanya rolling thunder keliling komplek yang tentunya dilakukan oleh para peserta yang terdiri dari emak-emak dengan menggunakan helm yang sudah berlabel SNI.

Helm SNI merupakan perlengkapan standar motor seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Angkutan Umum dan Lalu Lintas Pasal 57 Ayat 2. Selain itu, pada Pasal 106 Ayat 8 juga mengatur setiap pengemudi motor dan penumpang wajib mengenakan helm SNI.

Hukuman, Pada Pasal 291 mengatur, jika pengendara motor di jalan tidak mengenakan helm SNI, maka diancam pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250.000. Lebih jauh lagi, jika pengendara motor membiarkan boncenger tidak mengenakan helm SNI maka diancam hukuman yang sama.

Kegiatan dari Vixbec ini sebagai salah satu bentuk implementasi Adira Insurance Safety Campaign Award (SCA) 2018 yang masuk menjadi Top 10 Besar dari 150 Club atau Komunitas. SCA 2018 ini adalah suatu ajang bagi para komunitas pemotor untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara yang baik di jalan raya .

Dalam kegiatan ini turut pula hadir sebagai pemateri Jisel Ajisela salah satu pemenang Castrol Rider 2017 dan Legendary Biker 2017 yang memberikan informasi tentang tata cara berkendara yang baik, aman, dan nyaman bagi pengendara sepeda motor .

Dengan adanya sosialisasi dan implementasi tentang Helm untuk Emak-Emak ini di harapkan bisa memberikan perubahan yang positif dan menjadi inspirasi bagi Emak-Emak untuk tetap safety atau selalu menggunakan helm pada saat berkendara. Sehingga tercipta suatu kondisi berkendara yang tertib dan aman.

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut Vixbec mengapresiasi para Ibu-Ibu Posyandu Merpati Putih , Pengurus RW Perumahan Graha Harapan Regency , Fariz NMax Rider Bekasi (Mentor SCA), serta seluruh member Vixion Bekasi Club yang sudah berpartisipasi dan mensukseskan sosialisasi ini. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here