Sena SMH10, Solusi Komunikasi Wireless

0
908

Sena-MH10
Sena MH10,salah satu perangkat komunikasi yang biasa digunakan saat touring. Foto: YA

Jakarta (naikmotor) – Berkendara sepeda motor memang mesti berkonsentrasi lebih dibanding bermobil misalnya. Tetapi saat ini masih banyak yang mengandalkan sepeda motor untuk rutinitasnya. Bagi yang tidak bisa lepas dari komunikasi telepon pastinya akan sangat merepotkan karena harus berhenti ketika menerima panggilan telepon dari perangkat telepin genggamnya.

Meski banyak alternatif solusi untuk mengatasinya, dengan perangkat yang dilengkapi bluetooth, tetapi produk Sena lebih lengkap fiturnya. Dan uniknya, semua langkah pengoperasian dipandu oleh suara dari unit sehingga semakin memudahkan pengoperasiannya.

Produk Sena SMH10 misalnya, selain bsia digunakan untuk percakapan, mendengarkan musik dan navigasi suara dengan GPS, bisa berfungsi juga sebagai interkom dengan 3 perangkat yang sama lainnya. Sebagai interkom tentunya akan memudahkan komunikasi dengan pembonceng atau rekan turing.

Instalasinya pada helm cukup mudah, bagian clamp yang dilengkapi dengan mikrofon dan spiker dijepitkan terlebih dahulu pada helm di bagian bawah area telinga. Perkuat clamp dengan baut hex, dan tempatkan main unit pada clamp serta spiker pada rongga untuk telinga di helm.

Pada main unit ada 4 perangkat penting untuk pengoperasiannya, micro usb charging port, lampu led penanda operasi, tombol telepon dan tombol putar.

Sebelum mengoperasikan tentunya pastikan baterai telah penuh ditandai led menyala biru tetap. Jika penuh, diklaim perangkat mampu untuk talktime selama 12 jam. Menyalakannya tekan tombol putar dan tombol telepon bersamaan selama 1 detik, langkah serupa untuk mematikannya. Sesaat setelah menyala, indikator led akan berkedip 4 kali jika baterai penuh 70-100%, 3 kali jika 30-70% dan jika hanya dua kali, saatnya unit dicharge kembali.

Langkah berikutnya lakukan pairing dengan telepon seluar yang ber-bluetooth tentunya. Jangan lupa instalasi dan download aplikasi Sena dari Playstore atau Appstore. Pairing bisa dilakukan dengan menekan tombol telepon selama 5 detik, dan led akan menyala biru merah, pada handphone akan terlihat pilihan device Sena MH10, masukkan PIN 0000. Perangkat terhubung jika led menyala biru tetap. Dan pada perangkat akan terdengan suara Phone Paired.

Penerimaan telepon cukup menekan tombol telepon sekali, demikian jika mengakhiri percakapan. Atau bisa dengan mengatakan hello dengan keras. Sambil berkendara bisa juga mendengarkan musik dari unit melalui player pada handphone. Dan mengatur volume bisa melalui tombol putar.

Sementara untuk pairing dengan unit lain sebagai interkom, dengan cara menekan tombol putar selama 5 detik, dan tekan sekali lagi untuk penanda. Tetapi jika ada unit ketiga, tekan tombol putar dua kali sebagai penanda, demikian untuk unit keempat sebagai.

Namun urutan teman interkom menjadi terbalik ketika berkomunikasi. Tekanan sekali pada tombol putar maka interkom terhubung dengan teman ketiga, tekanan dua kali terhubung dengan rekan kedua, dan tekanan tiga kali akan menghubungkan dengan rekan pertama yang dipairing.

Sena SMH10 mempunyai prioritas fungsi dalam operasinya. Teratas adalah fungsi komunikasi telepon, maka fungsi yang sedang berjalan seperti music player dan interkom akan diinterupsi. Demikian saat mendengarkan musik bisa diinterupsi oleh panggilan interkom.

Sayangnya, memang seperti perangkat berbasis bluetooth lainnya, saat menerima telepon suara lawan bicara terkadang terdengar bergema. (Afid/nm)

Sena-MH10_Bluetooth

LEAVE A REPLY

*