Berkaca Kasus Ponsson, FIM Membentuk Selection Committee

0
mandalika / FIM Membentuk Selection Committee
FIM membentuk Selection Committee untuk menentukan pembalap pengganti di MotoGP. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Pembalap pengganti Tito Rabat saat seri Misano, Christophe Ponsson telah menimbulkan kegaduhan. Sehingga bersama Dorna dan IRTA, FIM membentuk Selection Committee.

Pembalap Pengganti tim Avintia itu di seri MotoGP 2018 Misano telah membuat Pembalap lain terganggu, akibat Ponsson terlalu lambat di trek. Pasalnya Pembalap Superbike asal Perancis itu belum pernah balapan dengan motor MotoGP. Performanya di trek dianggap membahayakan pembalap lainnya.

Dalam pertemuan komisi keselamatan 21 September 2018 di Aragon, diputuskan FIM membentuk Selection Committee. Tugas utama komisi baru itu menentukan Pembalap pengganti jika Pembalap Utama tidak bisa menjalani balapan akibat cedera atau penyebab lainnya.

Meski belum dijelaskan secara detil mengenai bagaimana paramater asesmen Pembalap Pengganti itu. Tetapi Regulasi baru itu akan segera diterapkan dan diperkirakan akan menjadi bagian dari Super-license yang menentukan batas 107% perolehan waktu tercepat.

Dalam pertemuan itu pula disepakati mengenai prosedur start dari pitlane. Jika Pembalap start dari pitlane, maka tidak lagi harus menggunakan Launch Control, agar bisa start dengan cepat. Regulasi mencegah Pembalap terlalu lambat ketika di trek sesaat keluar pitlane. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY