Dijatuhi Sanksi Lebih Berat, FIM Mencabut Ijin Balap Romano Fenati Selama Musim 2018

0
92
FIM Mencabut Ijin Balap Romano Fenati Selama Musim 2018
Romano Fenati tidak bisa balapan lagi selama musim 2018, FIM mencabut ijin balapnya. Foto: FIM

NaikMotor – Berbeda dengan rumor yang beredar, setelah pertemuan di Kantor FIM di Mies, 18 September 2018. Ternyata, FIM mencabut Ijin Balap Romano Fenati musim 2018.

Di pertemuan antara Fenati yang didampingi pengacaranya dan FIM yang dihadiri Presiden FIM Vito Ippolito, Wakil CEO dan Direktur Legal FIM Richard Perret itu, Fenati diberikan kesempatan menjelaskan perihal insiden di Moto2 2018 Misano (9/9/2018). Seperti yang disebutkan dalam keterangan resmi FIM ke naikmotor.com.

Insiden yang menyebabkan Pembalap Snipers Team Moto2 itu mendapat kecaman dari para penggiat motosport dan menyeruak di media tradisional dan platform media sosial. Fenati menarik tuas rem depan Pembalap Stefano Manzi saat race.

Dalam pertemuan itu, dijelaskan dengan tegas kalau FIM sangat memperhatikan keselamatan semua pembalap dan semua partisipan dalam kompetisi sepeda motor. Juga digarisbawahi betapa pentingnya tentang menampilkan fair play dalam sport sepeda motor. Sekalipun untuk menjadi juara sangat besar tekanannya baik di dalam dan luar trek, seharusnya membuat Fenati menampilkan sosok sebagai atlet tingkat tinggi yang bisa mempengaruhi penggemar dan anak muda dengan tindakan yang bertanggung jawab dan memberikan contoh positif di masa depan.

Atas pertemuan itu, FIM mencabut ijin balap Romano Fenati selama musim 2018. Sanksi itu lebih berat daripada keputusan Race Direction Moto2 2018 Misano yang menskors Fenati selama dua seri mendatang. Ijin balap Fenati di Itaalia pun telah dicabut oleh Federasi Motorsport Italia.

Sementara Ijin balap Fenati musim depan bisa dipertimbangkan baginya namun tergantung kondisi dan disesuaikan dengan peraturan FIM yang berlaku. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*