Membedah Motor Baru Husqvarna Motocross Seri FC dan TC 2016

0
Husqvarna-tc125-action
Husqvarna TC125 2016 2-Tak didesain ulang mesinnya makin bertenaga dan lebih ringan 3,2 kg dibandingkan pendahulunya. Foto: Husqvarna

Swedia (naikmotor)-Belum lama ini Husqvarna telah memperkenalkan 4 model untuk 2016. Banyak ubahan pada seri sepeda motor untuk motocross tersebut seperti banyak pengurangan bobot, rancangan bodi, mesin baru dan penggunaan serat karbon pada subframe-nya.

Husqvarna dianggap melakukan langkah besar terutama soal pengurangan bobotnya. Mereka merancang ulang rangka baja molybdenum krom dengan menekankan kekuatan torsional dan kekakuan longitudinal, dengan produksinya secara hydro-formed, dipotong dengan laser dan dilas secara robotik.

Sehingga rangka tersebut jauh lebih ringan dan kompak, berimbas pada handling dan rasa pengendaraan yang lebih baik dibanding pendahulunya. Dan uniknya, rangka dipadukan dengan tiga bagian subframe berbahan serat karbon, alhasil subframe lebih ringan 1 kg dibandingkan pendahulunya. Belum termasuk swingarm cetak baru berbahan aluminium, dipastikan model baru diklaim lebih mudah dikendalikan.

Untuk menyesuaikan dengan karakter sasis yang baru, ketiga clamp garpu depan WP 4CS diproduksi secara komputerisasi CNC. Shockabsorber belakang WP telah disesuaikan dengan link geometri baru, meski lebih pendek dan lebih ringan 500 gram.

Kedua suspensi tersebut akan meningkatkan keseimbangan dan peredaman sekaligus dan diklaim akan mengoptimalkan traksi dan kontrol pada semua situasi pengendaraan dan berbagai medan.

Pada bagian mesin, model FC450, FC350, dan FC250 telah pula mengalami improvement, seperti juga TC125 yang bobotnya telah berkurang. Mesin empat langkah tersebut telah sepenuhnya dikonfigurasi ulang untuk optimalisasi sentralisasi bobotnya.

Semua mesin empat langkah tadi telah dikendalikan sistem manajemwn mesin Keihin yang baru dan lebih cepat proses datanya, throttle body 4 mm yang lebih ringan 100gram akan membuat throttle respons yang lebih cepat, sebab kini kabel kendali lebih lancar.

Untuk semua model 2016 (MY16) telah memiliki launch control standar yang diintegrasikan pada rangkaian switch di batang kemudi. Launch kontrol saat beroperasi akan mencarikan traksi yang maksimal agar setiap akselerasi awal selalu sempurna.

Semua model kini telah beekurang bobotnya secara signifikan. FC450 kini lebih ringan 5,2kg dibandingkan model sebelumnya, FC350 lebih ringan 4,7kg. Sedangkan FC250 lebih ringan 4kg dibandingkan model 2015.

Sementara, sistem pembuangan emisi telah didesain ulang untuk meningkatkan sentralisasi bobot dan mengurangi kebisingan agar bisa memenuhi ketentuan FIM. Paling menyolok pada ruang resonansi knalpot FC450 yang lebih pendek dan ramping serta terintegrasi dengan header.

Masih sejalan dengan langkah generasi sepeda motor kompak dan ramping, maka grafis dan warna biru mutiara dan kuning elektrik yang futuristik menandai era baru sepeda motor Swedia tersebut.

Perbaikan ergonomika dan jok baru membuat kenyamanan dan pengendalian optimal pada semua situasi pengendaraan.

Terakhir, cakram rem GSK, batang kemudi Pro Taper, grip lock-on ODI, radiator WP baru, tangki polythene baru kapasitas 7liter, desain airbox baru yang mudah dibongkar tanpa alat, pelek alloy DID hitam, tromol CNC dan ban Dunlop MX52, semua menjadi petunjuk MY16 akan menjadi model yang paling mutakhir di pasar.

Selain model-model bermesin empat langkah, model dua langkah pun mengalami perubahan, terutama model TC125. Mesin seperdelapan liter tersebut kini menjadi lebih kecil dan ringan. Didesain ulang dan dirangkai dengan katup tenaga dan knalpot baru telah meningkatkan keluaran daya dari 38 menjadi 40 daya kuda. Model TC125 2016 lebih ringan 3,2 kg dibandingkan pendahulunya.

Untuk pemula tersedia TC85 sebagai entry level sepeda motor motocross. Didukung grafis dan warna yang agresif bernuansa kompetisi. Pada TC250, perbaikan pada CNC triple clamp dengan karet damping, pelapis jok baru dan cakram rem baru, sepertinya tak mau kalah terhadap model empat langkahnya.

MY16 Husqvarna akan segera berada di diler-diler Eropa mulai September mendatang. (Afid/nm)

Husqvarna-fc450-action-

LEAVE A REPLY