Begini Modifikasi Motor KTM 250SX Robbie Maddison Agar Bisa Berselancar

0
368
robbie-maddison-KTM-250-SX-DC-Shoes-Pipe-Dream_7
Agar bisa berselancar di ombak, Robbie Maddison dan mekaniknya, Buddy Morgan butuh dua tahun untuk membangun sepeda motor KTM 250SXX surfer tersebut. Bahkan setelah berbentuk protipe pun sempat 30-40 kali karam, dan butuh 5 jam menguras air asin dari semua komponennya setiap diangkat dari laut. Foto: DC Shoes

Tahiti (naikmotor) -Pantai Teahupoo, Tahiti, tempat surfing dengan ombak ekstrem sempat heboh beberapa waktu lalu, saat shooting untuk keperluan video promosi produk sepatu bermerek DC Shoes. Pasalnya, ada adegan sepeda motor off-road berselancar di ombak yang tinggi dan ganas di pantai itu.

Pengendaranya dikenal sebagai Evil Knievel Australia, Robbie ‘Maddo’ Maddison, 34 tahun, yang menunggangi KTM 250SX bemesin 2 langkah. Maddison dikenal juga sebagai stuntman pada berbagai film peran terbesarnya sebagai pengganti Daniel Craig di film James Bond “Skyfall”.

Agar bisa berselancar di ombak, Maddison dan mekaniknya, Buddy Morgan butuh dua tahun untuk membangun sepeda motor surfer tersebut. Bahkan setelah berbentuk protipe pun sempat 30-40 kali karam, dan butuh 5 jam menguras air asin dari semua komponennya setiap diangkat dari laut. Itu termasuk masa pengenalan Maddison terhadap air dan karakter motornya di air.

Morgan menjelaskan agar motor trail itu dapat mengapung adalah menjaga momentum yang pas saat awal menyentuh air, agar seperti mengalami gejala aquaplanning.

Selanjutnya, menjaga putaran gas jangan menukik bagian depannya agar tetap mengapung bahkan ketika menunggangi ombak tinggi. Morgan menjelaskan ada 3 komponen tambahan penting pada sepeda motor itu.

Sepasang papan mirip untuk ski di bagian roda depan, dengan ukuran tertentu agar motor bisa dikendalikan. Pada bagian bawah mesin hingga ban belakang pun dipasangi papan mirip wakeboard, semacam papan luncur tetapi berukuran lebih kecil dan penggunaannya sambil tengkurap.

Komponen berikutnya ban dengan kembangan mirip dayung. Tentunya agar daya dorong mesin menjadi optimal ketika di air, dan dalam kecepatan horizontal akan membuat gaya tekan air ke atas menjadi optimal juga. Papan-papan seluncur tadi diletakkan sedikit di atas permukaan tanah, agar motor tetap bisa melaju di pasir pantai, untuk ancang-ancang. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*