Teknologi HSTC Honda Forza 250 Bikin Tidak Mudah Ngepot, Begini Cara Kerjanya

0
197
HSTC Honda Forza 250
Tombol untuk menonaktifkan HSTC Honda Forza 250. Foto: Arswendo

NaikMotor – Ternyata, Honda Forza, skutik premium yang baru saja diperkenalkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dilengkapi fitur yang membuatnya tidak mudah slip. Honda Selectable Torque Control atau HSTC Honda Forza 250 menjadi fitur pertama yang diterapkan pada skuter matik.

Sebelumnya HSTC Honda Forza 250 telah menjadi paten Honda yang diterapkan pada model-model adventure seperti NC750 dan Africa Twin. Menurut Endro Sutanto, Tech Service Division AHM, “HSTC Honda Forza 250 membuat skuter baru itu tidak mudah slip meski berakselerasi di jalan licin.”

HSTC Honda Forza 250

HSTC bekerja mengandalkan sensor ABS yang terletak di roda depan dan belakang. Sistem ABS akan membaca putaran kedua roda, ketika terjadi gejala slip ditandai dengan perbedaan kecepatan putaran antara kedua roda dan menginput. Maka ECU kemudian akan memerintahkan sistem injeksi mengurangi volume semprotan bahan bakar. Sehingga terjadi pengaturan torsi pada roda belakang dan tetap bisa bertraksi.

Pada Forza 250, HSTC bisa dinonaktifkan dengan menekan tombol di stang kiri bertanda T. Sistem pengaturan torsi itu nilai default-nya on setiap skuter dinyalakan. Sistem bekerja ditandai dengan indikator T di panel meter yang menyala berkedip. Pantesan Forza 250 dibanderol Rp 70 juta. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*