Rea Tekuk Davies di Duel Seru, Biaggi Podium di Race 1 WSBK Malaysia

0
31

Rea-Race1-WSBK-Malaysia-2015
Podium race pertama WSBK Malaysia 2015 diisi oleh Jonatahan Rea sebagi juara pertama, disusul Chaz Davies dan Max Biaggi di Sirkuit Sepang, Minggu (2/8/2015). Foto: Dorna WSBK

Sepang (naikmotor) – Performa apik Tom Sykes di sesi kualifikasi World Superbike Championship (WSBK) di sesi kualifikasi sehari sebelumnya, ternyata tak cukup menolong pembalap asal Inggris itu meraih kemenangan di WSBK Malaysia (2/8/2015).

Meski langsung memimpin jauh di depan dengan selisih yang menyentuh angka 3 detik, namun penurunan perrforma di 6 lap terakhir membuatnya tak berdaya.

Kondisi berbeda justru dialami oleh Jonathan Rea yang merupakan rekan setim Sykes. Pembalap yang juga berasal dari Inggris itu justru mampu memanfaatkan performa terbaiknya. Ia mencetak rekor kemenangan ke-12 sekaligus kemenangan pertamanya di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Momentum terbaik yang dimanfaatkan Rea, adalah saat Ia bertarung ingin menyusul rekan setimnya sendiri. Kemudian duel seru di tiga lap terakhir bersama Davies membuat penonton berdecak seru. Hingga akhirnya Rea menyusul Davies di lap terakhir. Ketika Rea melebar di tikungan terakhir, Davies menatap kemenangan keempatnya.

Namun fakta bahwa motor Rea yang sudah lebih dahulu berakselerasi karena posisinya lebih tegak, sementara motor Davies masih menggantung tuas gas, membuat Rea lebih dahulu masuk ke garis finish.

“Saya tidak menyangka bisa meraih kemenangan hari ini. Tapi kerja keras tim untuk membuat motor ini lebih mudah dikendarai membuatku lebih nyaman. Di awal balapan, grip ban di motornya memang tidak begitu bagus, namun di pertengahan balapan, saya mendapatkan momentum untuk mengejar ketertinggalan. Bahkan hingga bertarung dengan Davies di lap terakhir, itu sangat seru,” ujar Rea.

Kemenangan Rea diakui oleh Davies. Ia menganggap bahwa Rea lebih dari konsisten untuk meraih kemenangan. “Ya Ia memang sangat konsisten dan mampu memanfaatkan momentum dengan sangat baik,” paparnya.

Peraih podium terakhir, jatuh ke Max Biaggi. Meski hanya berstatus pembalap wildcard, namun Biaggi mampu memberikan hasil terbaik dan memanfaatkan momentum penurunan performa yang dialami oleh Sykes. Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi The Roman Emperor. Lantaran Ia menghalangi dominasi pembalap Inggris di WSBK Malaysia.

Sykes sendiri harus puas finish di urutan keempat dan harus menyusun strategi terbaik di race kedua sore nanti. (Spy/NM)  WSBK

Hasil race 1 WSBK Malaysia 2015:
1. Jonathan Rea GBR Kawasaki Racing Team ZX-10R 16 lap
2. Chaz Davies GBR Aruba.it Racing-Ducati SBK Team 1199R +0.121
3. Max Biaggi ITA Aprilia Racing Team RSV4 +10.695
4. Sylvain Guintoli FRA PATA Honda World Superbike Team CBR1000RR +15.433
5. Tom Sykes GBR Kawasaki Racing Team ZX-10R +17.983
6. Alex Lowes GBR VOLTCOM Crescent Suzuki GSX-R1000 +23.758
7. Leon Haslam GBR Aprilia Racing Team – Red Devils RSV4 +24.854
8. Matteo Baiocco ITA Althea Racing 1199R +28.306
9. Niccolo Canepa ITA Althea Racing 1199R +31.098
10. Jordi Torres ESP Aprilia Racing Team – Red Devils RSV4 +34.105

Rea-Race1-WSBK-Malaysia-2015_1

LEAVE A REPLY

*