California Onyx CTY dan RCR Moped Listrik Bergaya Retro

0
California Onyx
Onyx CTY dan RCR, moped listrik dari California. Foto: Onyx

NaikMotor – Moped (motor pedaler) kini telah mengalami evolusi, sebab penggeraknya tidak lagi motor bensin tetapi motor listrik. Seperti produk California Onyx CTY dan RCR.

Onyx sendiri adalah perusahaan start up dari California yang berusaha membangkitkan kembali moped. Sepeda motor dengan pedal kayuh itu punah pada awal 1990-an. Jika bernostalgia pada 1960-an, saat itu ada produk bermerek DKW, atau Sachs atau bermerek Eropa lainnya. Di Indonesia kini hanya tinggal mesinnya yang masih digunakan sebagai pendorong becak bermotor di Pematangsiantar Sumatera Utara.

Uniknya Onyx CTY dan RCR, keduanya dicirikan oleh gaya Vintage yang mengingatkan kita kembali ke era tahun 60-an dan 70-an. CTY moped standar untuk pengendaraan di kota dengan baterai 48VDC. Sedangkan RCR dengan baterai ganda dan motor yang lebih kuat untuk penjelajahan lebih jauh. Keduanya mulai didistribusikan September 2018.

Onyx CTY dilengkapi dengan motor listrik 2,5 kW (3,3 bhp) dan torsi 160 Nm, mampu mencapai kecepatan 48 km/jam, jarak tempuh 40 hingga 64 km, tergantung pada kondisi penggunaan. Jika diinginkan, bisa digerakkan dengan kayuhan pada pedalnya. Beratnya 40 kg.

Untuk memenuhi gaya hidup terkini, CTY dilengkapi port USB 3.0, layar LCD backlit, kunci remote NFC dan aplikasi yang tersedia di Apple Store dan Google Play untuk menyesuaikan pengaturan moped.

Model kedua moped Onyx RCR dengan motor lebih kuat, 5,4 kW (7,2 hp) dan torsi 182 Nm. RCR mampu menembus kecepatan 96 km/jam. Akselerasi 0-48 km/jam dalam 4 detik. Dengan baterai penuh mampu menempuh perjalanan sejauh 121 kilometer sebelum pengisian baterainya kembali . Baik CTY maupun RCR dilengkapi dengan pengereman regeneratif dan tiga mode pengendaraan: eco, normal, dan sport. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY