MotoGP akan Semakin Hijau dengan Truk Suplai Scania Biodiesel HVO

0
386
MotoGP akan Semakin Hijau
Teuk Scania MotoGP akan semakin hijau dengan bahan bakar Biodiesel HVO. Foto: dorna sport

NaikMotor – Promotor MotoGP, Dorna Sport telah menekan kontrak bersama pabrikan truk Scania hingga akhir 2019. Tetapi poin penting kontrak itu agar MotoGP akan semakin hijau ketika truk suplai berbahan bakar Biodiesel HVO.

Scania telah disetujui untuk menyediakan truk-truk transportasi dan pelayanan logistik MotoGP dan MotoGP VIP Village segera. Meski sebenarnya sudah sejak 2014 Dorna bekerja sama dengan pabrikan truk dari Swedia itu. Namun kali ini dengan tambahan sebanyak 14 truk semi berbahan bakar Biodiesel HVO yang akan dioperasikan selama sisa musim 2018 dan dilanjut pada 2019.

Biodiesel HVO (Hydrogenated Vegetable Oil) merupakan teknologi bahan bakar hijau yang dikembangkan Scania untuk mesin-mesin truk terbarunya. Tak seperti Biodiesel biasa, HVO menggunakan H2 sebagai katalis dalam produksinya. Minyak sayur yang menjadi bahan dasar biodiesel itu lebih tepat mengalami proses hidrogenisasi bukan esterfikasi dengan katalis metanol seperti proses pembuatan Buidiesel biasa. Proses pemotongan karbon trigliserida asam lemak menjadi monogliserida (Biodiesel) diperankan oleh Hidrogen.

Kelebihannya, Biodiesel HVO justru bebas zat asam dibandingkan Biodiesel biasa. Sehingga selain tidak mudah teroksidasi, bahan bakar hijau itu mudah terkombusi merata di ruang bakar. HVO juga memiliki angka cetane 70-90, lebih tinggi dibanding biodiesel biasa yang berkisar 50-65. Maka truk-truk suplai MotoGP akan semakin hijau dan efisien atau lebih ramah lingkungan.

“Kerja sama kami dengan Scania semakin penting,” kata Pau Serracanta, managing director Dorna Sports. “Berkelanjutan menjadi agenda utama kami, kerja sama dengan Scania akan mewujudkan upaya pengurangan emisi karbon semakin nyata. Sehingga MotoGP akan semakin hijau dari tahun ke tahun.”

Saat ini truk-truk Scania berseri S500 dan berbahan bakar HVO tengah dalam perjalanan menuju Jeman untuk mendukung penyelenggaraan seri MotoGP 2018 Sachsenring. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*