Honda CBX 6 Silinder Segaris Dihidupkan Kembali, Siap Hadir di EiCMA

0
412
Honda CBX 6 Silinder
Sketsa paten Honda CBX 6 Silinder segaris 2018. Foto: Blogo

NaikMotor – Di tahun 1978-1982 Honda CBX 6 silinder segaris pernah menjadi flagship produk Honda. CBX di masa itu dibuat dalam berbagai model mulai naked hingga sport touring.

Tetapi masa beredar CBX singkat sebab tak lama popularitasnya kemudian dikalahkan oleh Honda CB900F. Padahal pada masa kehadiran awalnya, Honda CBX 6 silinder menjadi produk pertama yang dibekali berbagai teknologi Grand Prix.

CBX dilengkapi mesin 1.047 cc, 24 katup, twin cam tetapi masih berpendinginan udara. Induksi bahan bakarnya masih mengandalkan 6 karburator. Honda CBX 6 silinder segaris itu dilengkapi transmisi manual 5 percepatan. Mesinnya menghasilkan tenaga hingga 105 daya kuda dengan torsi 85 Nm. Hingga mampu meraih kecepatan puncak hingga 225 km/jam.

Namun sebuah berita dari Jepang menyebutkan, sketsa Honda CBX 6 silinder segaris tengah didaftarkan patennya. Model 6 silinder itu dikabarkan akan menggunakan teknologi dari superbike moderen.

Honda CBX 1978

Sketsa itu menggambarkan sebuah model retro, cafe racer 1960-an, tentu dengan fashion seperti masa kini. Diperkirakan model akan menggunakan lampu utama LED. Meski berdesain single seater tetapi anehnya, ada foot rest untuk pembonceng. Spekulasi menyebutkan bisa saja ekor tawon di bagian belakang itu bisa dilepas pasang .

Meski belum ada informasi resmi dari pabrikan Jepang, tetapi kabarnya model akan ditampilkan di perhelatan EICMA 2018. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*