Regulasi Baru, Penggunaan Aerobody di MotoGP 2019 Diperketat

0
Penggunaan Aerobody di MotoGP 2019 Diperketat
Penggunaan aerobody di MotoGP 2019 bakal diperketat. Foto: speedweek

NaikMotor – Aturan untuk membuat jalannya balapan tetap kompetitif terus direvisi. Seperti halnya aturan baru soal penggunaan aerobody di MotoGP 2019 diperketat. 

Nantinya, tim-tim MotoGP tidak lagi bisa bongkar pasang atau menukar aerobody berbeda tiap seri. Sebab Komisi Grand Prix di Assen telah menyetujui regulasi baru perangkat aerodinamika itu.

Keputusan regulasi baru pertanggal 30 Juni 2018 itu diikuti dengan pengaturan layout jaringan koneksi ECU tunggal yang harus kokoh. Termasuk pembatasan berbagai perangkat CAN (kabel data) dan protokolnya yang digunakan untuk pertukaran data. Kalau ini untuk peningkatan keselamatan perangkat ECU unifikasi itu.

Peraturan baru tentang penggunaan aerobody di MotoGP 2019 diperketat itu akan membuat tim hanya menggunakan satu desain perangkat pengganti wing itu selama satu musim. Meskipun dalam aturan baru itu tidak ditentukan mengenai ukuran dan material yang bisa digunakan.

Jadi, bisa saja tim seperti Ducati masih menggunakan aerobody berdesain kotak atau Yamaha menggunakan model rail. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY