Perhatikan Kondisi Ban Bila Akan Melakukan Perjalanan Jauh Termasuk Mudik

0
92
Kondisi Ban
Sebelum perjalanan jauh sebaiknya perhatikan kondisi ban. Foto: NMC

NaikMotor – Sebentar lagi Idul Fitri 1439H/2018 akan tiba, musim mudik atau sekadar menyambangi kerabat untuk silaturahmi akan menjadi lakon dari sebagian besar  pemotor. Meski motor sudah prima jangan lupa perhatikan kondisi ban bila akan melakukan perjalanan.

Tentu banyak aspek yang harus disiapkan agar sepeda motor siap perjalanan silaturahmi itu, tak terkecuali ban. Sebab tak lebih dari selebar telapak tangan saja dari penampang ban yang akan menopang kita dan sepeda motor serta beban lainnya di atas permukaan jalan.

Berikut cara mengecek kondisi ban bila akan melakukan perjalanan jauh, seperti yang dituturkan Ifan Martin, Tire Department Head, PT Astra Otoparts,Tbk:

1. Perhatikan batas keausan ban, dengan memperhatikan TWI (tread wear indicator). Jika telah sama dengan tread atau kembangan ban, maka ban wajib diganti.

TWI

2. Selain itu lakukan cek visual, apakah keausan ban merata (tidak bergelombang) dan tidak ada benjolan pada ban. Keretakan halus masih sangat wajar dalam penggunaan ban. Jika retak terlihat besar dan memanjang atau ada benjolan sebaiknya ban diganti.

3. Untuk perjalanan jauh sebaiknya gunakan ban standar pabrikan, sebab beban dan batas kecepatan telah diperhitungkan oleh pabrikan. Jika tidak tersedia atau memilih alternatif, ban pengganti atau replacement harus memiliki ukuran yang sesuai ukuran OEM.
Astra Otoparts sendiri menyediakan ban Aspira Premio Sportivo yang sangat cocok untuk pemakaian harian dan touring.

4. Jika tidak tersedia ukuran sesuai, bisa dilakukan upsize atau downsize dengan maksimal adalah 2 ukuran untuk velg yang sama. Perhatikan speed index dan load index agar tidak terjadi masalah.

5. Cek tekanan angin ban apakah sesuai dengan rekomendasi pabrik (bacalah buku petunjuk kepemilikan kendaraan/owners manual) atau pada label di swingarm (model sport) atau cover bodi (skuter matik). (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*