Watkins M001 Streetfighter Ubahan Seorang Doktor yang Tak Pernah Jadi Builder

0
966
Watkins M001 Streetfighter
Watkins M001 Streetfighter dibangun oleh lulusan S3 dengan 3D Scanner. Foto: Bike Exif

NaikMotor – Sulit dipercaya sebuah custom dirancang oleh seseorang yang bukan builder. Tetapi itulah Watkins M001 Streetfighter dirancang oleh lulusan S3 yang dikenal sebagai Jack Watkins dari Polandia.

Tak jelas benar siapa Jack Watkins, nama samaran itu hanya disematkan oleh media Bike Exif yang berhasil mewawancarainya beberapa bulan lalu di Gdanks, Polandia. Jack hanya diketahui sebagai seorang dengan titel Mechanical Design Ph.D. Tetapi rancangan Watkins M001 Streetfighter itu dianggap out the box. Jack hanya mengatakan sepeda motor custom yang dirancangnya bisa tampik unik.

Jack mendesain sosok customnya secara monokok, rangka bodinya berbahan plat baja tebal yang dibentuk secara laser-cut. Rancangan lainnya yang tak kalah unik adalah kemudi depan, model hub steered Harrier bukan garpu konvensional. Hub steered yang mirip telelever memiliki keunggulan tidak memiliki gejala dive saat pengereman keras, meski radius putar menjadi korban.

Cukup lama Jack membangun Watkins M001, sekitar 3 tahun maklum ia hanya memiliki waktu luang di malam hari. Siangnya ia seorang pimpinan tim perancang di sebuah perusahaan industri di Gdanks. Karena tidak memiliki pengalaman membangun sepeda motor, Jack mengandalkan Mateusz Kozlowski mekanik di Moto Spec untuk menyusun custom berbasis BMW Motorrad R1150RT 2002 bermesin boxer itu. Kerja Jack dipermudah dengan perangkat 3D Scanner untuk menyesuaikan bagian-bagian sambungan dan engsel.

Pada atas rangka itu Jack menyembunyikan tangki bahan bakar kapasitas 16 liter, dan ditutupi dengan jok single di atasnya. Tangki juga menjadi kaitan untuk suspensi belakang. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*