Ini yang Bisa Dilakukan oleh BMW Motorrad Connectivity

0
46
BMW Motorrad Connectivity
Dash multi information fitur BMW Motorrad Connectivity pada R1200GS. Foto: bmw

NaikMotor – BMW Motorrad Indonesia memperkenalkan fitur berteknologi BMW Motorrad Connectivity kepada jurnalis otomotif di Jakarta. Fitur multi information display itu sudah diterapkan pada beberapa model terbaru motor produk Jerman itu.

BMW Motorrad Connectivity sebuah sistem yang membuat pengendara bisa mendapatkan informasi berkendara, navigasi dan menggunakan multimedia dengan perangkat antar muka berupa layar TFT 6,5″ di dash. Dengan perangkat input berupa tuas putar serta tombol di stang sebelah kiri maka sistem pun mudah dioperasikan.

Layar multimedia di dash BMW Motorrad itu bisa terkoneksi dengan selular pintar pengendara melalui Bluetooth. Tentunya setelah smartphone pengendara baik dengan O/S berbasis Android ataupun iOS terinstall aplikasi Connectivity yang bisa diunduh gratis.

Ada 4 menu yang bisa discroll pada BMW Connectivity yaitu: Navigasi, Telepon, Media, dan Vehicle Information.Untuk navigasinya pun tidak hanya panduan turn-by-turn yang mengandalkan data selular tetapi bisa juga secara offline karena memiliki map yang terinstall dalam perangkat. Bahkan, sudah memiliki peta Indonesia. Sehingga tidak perlu mengkawatirkan apakan selular yang terkoneksi masih memiliki paket data yang cukup.

Saat guiding pun layar hanya menampilkan next turn bukan map, dan ditambah dengan suara sehingga tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara. Map hanya tampil saat routing atau mencari Point of Interest sebelum pengendaraan.

Pada menu telephone, untuk melakukan panggilan sistem bisa mengakses phonebook dari selular pengendara. Pembicaraan pun bisa dilakukan dengan perangkat mic dan loudspeaker terintegrasi di helm. Perangkat yang bisa terkoneksi diantaranya produk Sena, Packtalk dan lain-lain.

Sementara melalui perangkat voice yang sama, pengendara bisa memilih lagu yang ingin didengarkannya saat memilih menu Media. Sedangkan pada menu My Vehicle, penggunanya bisa mendapatkan informasi tentang kondisi motornya. Beberapa informasi penting itu diantaranya berapa KM lagi yang bisa ditempuh dengan bensin tersisa, kapan harus service, dan tekanan ban serta reminder agenda. Sementara informasi pengendaraan umum pun bisa ditampilkan seperti kecepatan, putaran mesin, odometer, posisi gear, dan mode pengendaraan.

Menurut Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto BMW Motorrad Indonesia, “BMW Motorrad Connectivity saat tersedia pada model BMW R1200GS maupun BMW R1200GS Adventure. Fitur akan tersedia pada model seperti F850GS, F750GS yang akan segera masuk.”

Joe Frans menyebutkan pula kalau model skuter matik menengah baru C400X sudah dilengkapi dengan BMW Motorrad Connectivity. “Kelak semua model akan dilengkapi dengan fitur konektivitas itu,” ujarnya saat Buka Puasa Bersama dengan media yang diselingi pengenalan teknologi konektivitas tersebut di Flagship Store BMW Motorrad di Jakarta Selatan, (4/6/2018).

Pada kesempatan yang sama BMW Motorrad Indonesia menyampaikan paket dan uang santunan kepada sekitar 10 anak Panti Asuhan Yos Sudarso di Kompleks Bhumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*