Tips Berkendara, Waspadai Dehidrasi di Musim Kemarau

0

Tips-Mudik-hindari-dehidrasi
Berkendara di musim kemarau bisa membuat dehidrasi, karena itu perlu asupan air berlebih untuk menjaga suhu tubuh. Foto: istimewa

Jakarta (naikmotor) – Badan manusia banyak mengandung air, rata-rata tubuh manusia terdiri 30-40 liter air. Saat ini kemarau tengah melanda Indonesia, dan pada saat bersamaan arus balik Lebaran tak sedikit pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh jauh. Maka kebutuhan air minum akan menjadi krusial mengingat tubuh manusia harus tetap terjaga kadar airnya.

Sebab air mempunyai fungsi vital bagi tubuh di antaranya: menyalurkan kebutuhan nutrisi tubuh dan membuang sisa metabolisme yang bersifat racun jika menumpuk. Tugas penting lainnya menjaga tekanan darah tetap normal, melindungi dan melumasi organ gerak, mengatur suhu tubuh, dan mengurangi risiko heat stroke.

Ketika udara panas, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan keringat, untuk mendinginkan tubuh. Jadi sangat penting untuk segera minum air untuk menggantikan keringat yang keluar. Menurut para ahli, paling tidak setiap harinya manusia butuh 2 liter air, namun dalam kondisi berkendara jarak jauh, lebih bijak jika menambahkan 1 liter atau lebih air minum.

Tetapi jangan minuman pengganti itu mengandung alkohol, kopi atau teh yang justru akan mempercepat dehidrasi. Sebab minuman tersebut mengandung diuretika, yang menyebabkan sering buang air kecil. Lebih baik pilih miniman yang mengandung elektrolit atau jus buah kadar gula rendah. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*