Lakukan Persiapan Menjelang Balik dari Kampung Halaman

0
Tips-Mudik-Naik-Motor
Arus balik Lebaran kembali akan menghiasi jalanan, persiapkan diri Anda yang menggunakan sepeda motor agar aman dan nyaman di perjalanan. Foto: Dok. Forwot

Jakarta (naikmotor) – Setelah bersukacita di kampung halaman merayakan Lebaran Idul Fitri, kini tiba saatnya para pemudik kembali bersiap menuju Ibukota atau tempat bekerja semula.

Yang utama tentu menyiapkan sepeda motor dengan memeriksa kondisi mesin, rem, ban serta kelengkapan lainnya di antaranya lampu dan klakson. Setelah sepeda motor siap dan prima, maka giliran pengendara yang perlu memperhatikan diri.

Faktor terpenting adalah kesehatan, tidur cukup adalah salah satu kunci kebugarannya. Hindari begadang sebelum keberangkatan.

Lakukan perjalanan pada siang hari. Perjalanan saat malam hari sangat berisiko tinggi karena pandangan terbatas pada pencahayaan yang ada.

Ringkaskan oleh-oleh bawaan dari kampung atau lebih baik dipaketkan melalui jasa pengiriman untuk menghindari overload serta kenyamanan selama berkendara. Oiya, jangan lupa bekali dengan jas hujan model jaket dan celana.

Berikutnya soal kenyamanan berkendara, pergunakanlah pakaian yang paling nyaman dan mampu menyerap keringat. Tentunya gunakan pula jaket dengan model yang menutupi leher, jika mungkin gunakan jaket khusus touring. Jika tidak ada gunakan yang mampu menahan hembusan angin.

Gunakanlah pelindung tambahan seperti pelindung siku, dengkul, sarung tangan dan sepatu tertutup yang ringkas modelnya. Serta gunakan helm bersertifikasi SNI, jika memiliki gunakanlah yang model full face, jangan lupa untuk selalu mengikatnya (klik) selama pengendaraan. Pergunakan helm yang berventilasi, agar nyaman, bila mungkin gunakan yang double visor, agar tak repot mesti berkaca mata hitam jika cuaca menjadi sangat terang.

Sebelum berkendara, tentukanlah rute-rute dari kampung halaman yang tidak terlalu macet, jarak lebih dekat, kondisi jalannya baik. Periksalah apakah tesedia jalur alternatif. Pilihlah rute yang tersedia SPBU, ATM, dan tempat istirahat atau rumah makan serta bengkel. Carilah data tersbut melalui peta mudik yang biasanya dibagikan pihak pemerintah serta produsen lainnya.

Manfaatkanlah media-media sosial untuk mementau kondisi lalulintas yang akan dilalui seperti Twitter NTMC Polri, LewatMana.com, dan sebagainya. Berangkatlah berombongan atau bersama komunitas agar lebih aman.

Istirahatlah setiap 2 jam berkendara, paling tidak 10 menit. Gunakan waktu istirahat untuk peregangan otot atau berjalanlah mengelilingi tempat istirahat. Jika memungkinkan (atau saat berbuka) makanlah makanan tetapi janganlah terlalu kenyang, dan minumlah agar tidak mengalami dehidrasi. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here