H-D Pernah Punya Motor Ala Honda Monkey Lho.. Namanya Shortster

0
247
shortster
Balik ke tahun 1972 Harley Davidson punya mini bike bernama H-D Shortster Foto: Extremepowersportssa.com

NaikMotor – Harley-Davidson memang identik motor-motor cruiser berkubikasi besar. Namun jika kembali ke tahun 1972, pabrikan asal Millwauke, AS, itu juga punya mini bike macam Honda Monkey bernama H-D MC-65 atau biasa disebut Shortster.

Sampai saat ini H-D MC-65 merupakan motor terkecil Harley. Karena itu disebut ‘Shortster’ yang berarti pendek atau kecil. Motor ini merupakan produksi Aermacchi (AMF) Harley-Davidson, yakni perusahaan patungan H-D dengan perusahaan Italia.

Harley-Davidson M65S Sport Leggero 1970.

H-D Shortster bisa dikatakan sebagai versi mungil dari Harley-Davidson M65S Sport Leggero yang diproduksi pada 1967 sampai awal 1970-an. Leggero juga produksi AMF Harley-Davidson, tak pelak basis mesin Shortster diambil dari motor ini.

H-D Shortster dibangun pada tahun 1971 dan dijual sebagai model tahun 1972 serta hanya diproduksi untuk pasar Amerika Utara. Dengan tampilan mini bike cross, Shortster diharapkan dapat mencuri hati anak-anak kecil di AS dan Kanada.

Harley-Davidson MC-65 Shortster 1972.

Hal tersebut tidak lepas dari tim pemasaran H-D kala itu yang membuat Shortster sebagai transisi ke “Sportster.” H-D bermaksud ‘menangkap’ dan menjadikan anak kecil sebagai pelanggan potensial ketika besar dan siap memakai motor sesungghnya.

Dalam satu iklan di tahun 1972, H-D menampilkan citra seorang anak berdiri di samping motornya dan pantulan di air menunjukkan Sportster. Cara ini sangat berbeda dengan pendekatan Honda Monkey kala itu yang malah digemari orang dewasa.

H-D Shortster memiliki bobot 63 kg, wheelbase 99,56cm, velg 10 inci dibalut ban semi pacul 3.0 inci. Mesinnya menggunakan jantung 65cc 2-tak silinder tunggal dengan bore 44mm x stroke 42mm menghasilkan sekitar 4,5 hp. Bahan bakar disuplai karbu Dell’Orto 18mm.

Harley Davidson X90 tahun 1974.

Transfer daya H-D Shortster menggunakan girboks tiga percepatan yang cukup ringkas. Oiya, motor mungil ini tidak punya bak pemisah oli samping, pengguna harus mencampur oli samping langsung di tangki BBM dengan perbandingan 25:1.

Buat penggila Shortster, motor ini hanya merujuk untuk H-D MC-65 tahun 1972, sebab pada tahun 1973 H-D juga mengeluarkan versi mesin lebih besar 90cc bernama H-D X90. Selain mesin perbedaannya hanya detail pemanis seperti lampu dan letak knalpot.(Agl/nm)

Beda dengan Shortster dapat dilihat dari posisi knalpot, bentuk lampu depan lebih kecil dan lampu belakang.

LEAVE A REPLY

*