Motor Trail Listrik Viar E-Cross, Menjelajah Alam Tanpa Polusi dan Sunyi

0
180
Trail Listrik Viar E-Cross
Trail listrik Viar E-Cross Lite dan Advance. Foto: istimewa

NaikMotor – Pabrikan motor dalam negeri, PT Triangle Motorindo produsen sepeda motor Viar kembali memperkenalkan sepeda motor listrik. Setelah skuter listrik Q1, kini sepeda motor trail listrik Viar E-Cross, meski belum dipasarkan.

Sekilas Viar E-Cross mirip dengan sepeda MTB downhill fullsusp, tetapi tanpa pedal kayuh dan rangka downtube ganda. Viar Motor Indonesia menampilkan E-Cross dalam 2 varian, Viar E-Cross Lite dan Viar E-Cross Advance yang dibedakan dalam daya penggerak dan kapasitas baterai Li-ion yang diusungnya. Lite 48Volt 25Ampere (48V/25AH) sedangkan Advance dibekali batterai berkapasitas 60V/32AH. Mirip Luna Sur-Ron di Amerika Serikat atau Firefly di Australia

Tetapi keduanya menganut transmisi sistem multistage coaxial. Yakni, penerus daya 2 tingkat, dari motor Axial Flux mid drive diteruskan ke chainring dengan sabuk, dan barulah dari chainring daya diteruskan dengan rantai ke gir roda belakang. Viar mengklaim dengan metode penggerak dua tahap ini memberikan keuntungan motor dapat bekerja pada putaran (RPM) tinggi dengan konsumsi energi lebih efisien. Namun bisa menyalurkan tenaga pada roda belakang tetap responsif pada berbagai kondisi putaran motor.

Area Marketing Manager PT. Triangle Motorindo, Haryadi menjelaskan bahwa Viar E-Cross ini merupakan sepeda motor trail untuk para penyuka kegiatan offroad untuk menikmati keindahan alam tanpa menimbulkan polusi seperti sepeda motor trail model konvensional. “Hadirnya Viar E-Cross merupakan jawaban dari komitmen Viar Motor Indonesia mengembangkan kendaraan listrik guna memenuhi keinginan penyuka offroad sekaligus menjawab keraguan bahwa sepeda motor listrik trail memiliki kemampuan seperti sepeda motor trail konvensional,” ungkap Haryadi. (Rls/NM)

Spesifikasi Trail Listrik Viar E-Cross

Motor Axial Flux Mid Drive
Tenaga –
Torsi –
Dimensi Panjang 1.870mm x Lebar 780mm x Tinggi 1.040mm
Ground Clereance: 270mm
JarakSumbuRoda: 1.260mm

Transmisi multistage coaxial sabuk+rantai
Kemampuan menanjak 35-45°

Roda Depan Belakang: 70 / 100-19
Pelek Depan Belakang: 19×1.4
Rem Depan Belakang: cakram
Berat: 50kg
Maksimum Beban: 130kg

Fitur: Rangka Aluminium Alloy, Viar E-Cross Lite memadukan suspensi depan model teleskopik sementara pada peredam kejut belakang model Multi-link central shock absorber tipe Intersect TR Suspension System, sedangkan Viar E-Cross Advance suspensi depan model upside down.

LEAVE A REPLY

*