Federal Oil Mau Diakusisi ExxonMobil, FKT Jadi Punya Amrik?

0
500
ExxonMobil
ExxonMobil berencana mengakuisisi PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil. Foto: Jakarta Globe

NaikMotor – ExxonMobil, perusahaan minyak dan gas asal Amerika Serikat berencana mengakuisisi PT Federal Karyatama (FKT) selaku produsen pelumas asli Indonesia merek Federal Mobil dan Federal Oil.

ExxonMobil berencana mengakuisi seluruh atau 100 persen saham milik PT Federal Karyatama senilai USD 436 juta atau setara Rp 6,08 triliun, dari PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) selaku perusaahan induk Federal Oil.

“Akuisisi ini dikombinasikan dengan merek pelumas Mobil premium kami yang sudah ada, akan membantu kami terus tumbuh dan melayani pelanggan dengan lebih baik di Indonesia,” kata Bryan Milton, Presiden ExxonMobil Fuels & Lubricants Company kepada Reuters, Senin (30/4/2018).

Exxon mengatakan ingin mempercepat pertumbuhan pasar mereka di Indonesia. Salah satu caranya yaitu mengakuisisi FKT sebagai salah satu pabrikan dan pelumas sepeda motor terbesar di Indonesia.

ExxonMobil
Peresmian pabrik baru Federal Oil di Cilegon, Banten. Foto: Dok NMC

Melansir Bisnis Indonesia, lewat akuisisi ini ExxonMobil bakal mendapatkan merek jual Federal Oil dan pabrik pencampuran produksi pelumas dengan kapasitas 700.000 barel per tahun di Cilegon, Banten.

Dengan mengakuisisi FKT maka Exxon juga mendapat karyawan dan distributor FKT. Hal ini penting sebab dinilai memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam strategi bisnis pelumas di Indonesia.

Saat ini transaksi masih tertunda karena menunggu persetujuan dari para pemegang saham serta regulator di Indonesia. ExxonMobil sendiri menargetkan transaksi akusisi ini rampung pada kuartal III/2018.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*