Waduh, Michelin Tidak Punya Data Akurat Sirkuit Jerez?

0
57
Michelin Tidak Punya Data Akurat Sirkuit Jerez
Michelin kesulitan mendapat data akurat Sirkuit Jerez sejak permukaan trek dilapis aspal baru. Foto: gpone

NaikMotor – Ternyata pemasok tunggal ban MotoGP Michelin tidak punya data akurat Sirkuit Jerez. Padahal seri ke-4 musim 2018 berlangsung pekan ini, (4-6/5/2018) di Circuito de Jerez itu.

Meski sirkuit Jerez sebenarnya bukan termasuk sirkuit sulit, tetapi pastinya akan memiliki beberapa kesulitan tersendiri. Jerez memiliki tikungan ke kanan sebanyak 8 dan ke kiri 5. Namun, Michelin tidak punya data akurat Sirkuit Jerez sejak permukaan treknya dilapis aspal baru.

Solusi sementaranya para teknisi pabrikan ban dari Perancis itu mengandalkan data hasil tes beberapa tim termasuk dari Honda. Sehingga Michelin akan menawarkan ban depan simetrikal, dan belakang non simetrikal dengan bagian kanan lebih keras mengingat lebih banyak tikungan ke kanan. Sementara pilihan komponnya tetap 3: soft, medium dan hard, hanya ban basah yang soft dan medium.

Bos michelin, Piero Taramasso menyatakan, “Setelah 3 seri, kini segera memasuki Eropa, tetapi kesulitannya tetap ada. Kini kita menghadapi trek dengan permukaan beraspal baru. Padahal kita tidak memiliki data ril agar bisa memberikan performa terbaik di akhir pekan. Tetapi kami mendapat data dari hasil tes beberapa tim yang telah berada di sana. Sehingga kami membawa ban dengan beberapa rentang yang kita anggap ideal untuk permukaan baru Jerez dan memberikan pilihan terbaik bagi gaya berkendara dan motor pembalap.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*