Modifikasi Honda Grand, Perpaduan Kayu Ulin, Bambu dan Batok Kelapa

0
1786
Honda Grand
Motor ini campuran bahan-bahan organik seperti kayu ulin, kayu kebuli, bambu dan batok pohon kelapa. Foto: Kustomfest.com

NaikMotor – Kustom tidak ada batasnya, itulah yang membuat Sugiharto, builder Gie Custom Handmade memutuskan memodifikasi Honda Grand dengan campuran bahan organik seperti kayu ulin, kayu kebuli, bambu dan batok pohon kelapa.

Sugi mengatakan ide awal membuat motor dari bahan-bahan organik justru datang saat sering ikut kontes. Dimana kebanyakan motor kontes menggunakan bahan besi atau material logam lain tapi masih sedikit yang mengeksplorasi kayu.

Honda Grand

Tak pakai lama Sugi kemudian mulai mencari bahan buat menyalurkan ide liarnya. Pilihannya jatuh pada Honda Grand 1993 yang telah mangkrak nyaris jadi bangkai. Lewat tangannya motor itu pun berubah jadi punya nilai lebih dengan desain mengarah ke chopper cub.

“Mereka mengejek karena saya membuat motor kustom dari rongsokan. Motor ini sempat molor dari jadwal yang sudah ditentukan akibat saya sering diminta bantuan keluar kota untuk kerjaan yang berhubungan dengan seni,” katanya dilansir dari Kustomfest.com.

Honda Grand

Tak pelak tingkat handmade motor yang diberi nama Little Duck hampir 80 persen. Sugi memotong frame belakang, tulang tengah dibuat dobel, dan sudut komstir dibuat lebih ‘dongak’ untuk tempat fork yang lebih panjang mengejar proporsi chopper.

Sukses dengan frame Sugi kemudian main detailing. Sepakbor belakang dibuat dari kayu ulin, jok juga kustom dari kayu ulin. Headlamp dan stoplamp dari batok kelapa, sedangkan bagian sein, handgrip, tutup dinamo, velocity karbu, cover shockbreaker kustom dari bambu.

Honda Grand

“Nah cover gir depan dan cover aki kanan kiri saya pakai kayu Kebuli,” imbuhnya. “Kayu Kebuli merupakan jenis kayu langka yang sulit buat didapatkan,” kata Sugi yang memang sudah riset soal jenis-jenis kayu sebelum modif Honda Grand.

Honda Grand

Semua bahan tersebut seperti kayu, bambu, dan batok kelapa itu masih diukir untuk meningkatkan detailnya. Ukirannya kombinasi dari ukiran Dayak, Jawa dan Gecko Mataram. Tak heran jika pembangunan motor ini lumayan lama mencapai satu setengah tahun.(Agl/nm)

Spesifikasi Little Duck
Mesin: Honda Grand 1993
Sasis: Handmade
Tutup Girboks: Kustom
Rem: Ride It
Knalpot: Kustom
Body Works Material : Ulin Wood, Kebuli Wood, Bamboo, Coconut Shell
Body Works Artist : Gie Custom Handmade
Painting Material : Candy Tone Orange Black / Airbrush
Owner: Sugiharto
Builder: Gie Custom Handmade
Alamat: Jl. Propinsi RT 07 Kel. Sindang Sari Sambutan, Kaltim
Telepon: 0821 4911 4596

LEAVE A REPLY

*