Alasan All New Vario 125 dan Vario 150 Kini Tanpa Kick Starter

0
1269
All New Vario 125
DI generasi baru ini Honda sudah menghilangkan fungsi kick starter. Foto: Gilang

NaikMotor – All New Vario 125 dan Vario 150 sudah resmi meluncur. Secara keseluruhan tidak ada ubahan signifikan di sektor jantung pacu, namun di generasi baru ini Honda mulai menghilangkan fitur kick starter.

Praktis kini tugas untuk menyalakan mesin kini hanya dipanggul oleh tombol electric starter. Padahal seperti diketahui kick starter alias engkolan masih dianggap penting oleh beberapa orang sebagai antisipasi jika aki ngedorp.

“Berdasarkan survey yang kami lakukan ternyata jarang sekali konsumen yang menggunakan kick starter. Sehingga demikian untuk All New Vario ini fungsi kick starter sudah kami hilangkan,” kata Shigeto Kimura, Marketing Director AHM.

All New Vario 125

Meski tidak punya kick starter, Shigeto mengatakan pengguna All New Vario 150 dan vario 125 tidak perlu kuatir. Honda kini membekali instrument cluster dengan voltage indicator untuk mengetahui kondisi kesehatan aki atau baterai.

“Pengguna tidak perlu kuatir sebab ada indikator aki. Indikator ini menjadi rujukan apakah aki atau baterai motor sehat atau tidak. Jika tegangannya sudah di bawah standar maka sebaiknya dilakukan tindakan,” katanya.

All New Vario 125

Ryoji Imai, Large Project Leader Honda R&D Center mengatakan, salah satu alasan hilangnya kick starter pada Vario 150 juga karena sudah memakai keyless. Sehingga Honda perlu menyesuaikan aki dan routing kabel.

All New Vario 150 sudah pakai keyless, maka itu harus ada penyesuaian aki dan routing untuk kabel-kabelnya. Itulah kenapa kick starter dihilangkan,” imbuhnya.

Dibalik alasan-alasan teknis, Toshiyuki Inuma President Director AHM menambahkan bahwa kick starter sudah tidak terlalu diperlukan di mesin terkini. Tren yang berkembang pabrikan mulai menghilangkan kick starter.

“Tren ini pertama kali terjadi di Vietnam. Dimana mulai tahun lalu Honda di sana mulai menghilangkan kick starter di motor produksi mereka. Maka itu, kami juga mencobanya di Indonesia,” pungkas Inuma.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*