Trik Pasang Visor Helm Arai dari Belajar Helm

0
261
Trik Pasang Visor Helm Arai
Tak diragukan lagi bahwa pengguna helm merek Arai dituntut harus lebih resik dalam kesehariannya. Contoh paling umum yaitu trik dalam mengganti visor. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Tak diragukan lagi  pengguna helm Arai dituntut harus lebih resik merawat helm. Banyak yang mesti dipelajari untuk merawat helm Jepang ini, contoh paling umum yaitu trik pasang visor supaya side pot (kupingan) berumur panjang.

Ini kerap terjadi terutama buat pemula dimana side pot patah saat ingin memasang visor. Memang harus diakui ada cara tersensiri buat melepas dan memasang visor Arai, terutama buat Arai model lama semisal RX-7X RR5 dan model lain di atasnya.

Helm Arai
Pasang visor satu per satu jangan berbarengan.

“Itu kenapa toko helm banyak yang jual side pot Arai, karena banyak yang patah. Sebaiknya jika kita pakai Arai kita memang mengerti, buat menjaga umur. Harga side pot lumayan juga soalnya, apalagi yang motif dan motifnya ternyata susah,” kata Ahmad M, member Belajar Helm.

Cara paling aman yaitu dengan cara memasang satu per satu. Mulai dengan side pot sebelah kiri atau kanan duluan jangan berbarengan. Untuk Arai dengan model di bawah RX-7X seperti RR5 dan RR4 side pot rawan patah jika visor langsung dipasang bersamaan.

Helm Arai
Posisi tangan kanan memegang side pot. Tangan kiri mendorong visor.

“Kalau yang model sekarang enak karena side pot-nya pakai tali, jadi waktu masang visor lebih mudah. Tapi buat Arai yang model lama tidak. Intinya jangan pasang berbarengan, karena pin di dalamnya jadi tertekan. Jika dipaksakan pengunci di side pot-nya bakal patah,” katanya.

“Waktu pemasangan visor usahakan salah satu telapak tangan kita ada di bagian side pot-nya. Tujuannya untuk menjaga saat visor masuk ke pin, side pot tidak terlalu meregang. Dengan adanya tangan kita, kita juga jadi tau bisa merasakan sudah tepat atau belum,” imbuhnya.

Helm Arai
Pengait di side pot yang sering patah

Ahmad tidak menampik butuh ketelitian dalam merawat Arai namun menolak jika dikatakan ribet. Sebab oleh pembuatnya memang cara itu dianggap punya tingkat keamanan paling mumpuni. Karena itu pemakai helm Arai seolah dituntut lebih apik dalam hal perawatan. (Agl/nm)

Mau tau lebih banyak tentang helm mulai dari sejarah, produk, motif hingga tips? datang ke booth @belajarhelm di Jejak Roda 2018. Belajar helm akan membuka forum diskusi untuk umum sekaligus memberi edukasi mengenai helm.

So sampai jumpa di #jejakroda 2018!

LEAVE A REPLY

*