Arai Isle of Man TT 2012 ‘Belajar Helm’ Ini Bikin Ngiler Bor!

0
387
Isle of Man TT
Isle of Man TT (Tourist Trophy) punya banyak sisi menarik. Salah satunya adalah helm, tak pelak helm resmi Isle of Man TT ini jadi buruan kolektor di seluruh dunia. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Selain balapan yang bikin jantung berdegup, Isle of Man TT (Tourist Trophy) punya banyak sisi menarik. Salah satunya adalah helm, tiap tahun penyelenggara Isle of Man TT merilis helm resmi tapi hanya dijual dalam jumlah terbatas.

Tak pelak helm tersebut jadi buruan kolektor di seluruh dunia, termasuk penggemar helm dari Indonesia. Ada beberapa hal yang membuat helm Isle of Man TT cukup spesial, karena selain limited edition helm resmi ini juga hanya punya satu motif tiap tahun.

Isle of Man TT
Arai Isle of Man TT edisi 2012. Unik dan cukup langka karena logo Arai pindah ke bagian dagu.

“Kebanyakan helm IoM TT merek Arai, meski ada juga merek lain seperti Shoei, Nollan dan Bell juga ada. Uniknya tiap tahun desainnnya berbeda, dan tiap tahun cuma punya satu desain. Semuannya mirip-mirip tapi punya detail beda-beda,” kata Ahmad dariĀ Belajar Helm.

Salah satu yang cukup menarik ialah helm resmi Arai Isle of Man TTĀ 2012. Helm ini hanya dibuat sekitar 800-an unit di seluruh dunia. Keunikannya selain limited edition, karena logo Arai yang biasanya terletak di fore head (jidad) pindah ke bagian dagu (chin).

Isle of Man TT

“Ini salah satu keunikan helm IoM TT 2012 karena logo Arai di dagu, dan di jidad diganti logo ‘Kaki Tiga’ punya IoM TT. Jarang sekali Arai mau mindahin logo mereka buat sebuah acara, paling helm Shinya Nakano yang berbeda karena dikasih keistimewaan karena pembalap Jepang,” katanya.

“Buat mindahin logo Arai menjadi IoM TT di jidad kabarnya penyelenggara mesti ngeluarin biaya tambahan yang cukup besar. Karena itu setelah 2012 helm IoM TT lainnya balik lagi ke motif semula,” imbuh member Helmet Lovers ini.

Isle of Man TT
Arai Joe Dunlop Isle of Man TT. Cuma ada 300 unit di dunia!

Uniknya meski berstatus helm resmi buat IoM TT ada satu pembalap yang tidak pernah memakai motif helm keluaran penyelenggara. Pria itu adalah Joe Dunlop, sang legenda balap IoM TT yang setia dengan warna kuning dan stripe hitam klasik sejak tahun 70’an.

“Arai Joey Dunlop ini sangat menarik sebab puluhan tahun dia setia pakai motif ginian. Tipe yang ini Arai model baru (RX-7X) tapi masih pakai motifnya dia. Helm ini cuma diproduksi 300 unit di dunia, di Indonesia yang SNI dua, yang kita punya bukan SNI,” pungkasnya.(Agl/nm)

Penasaran sama helm-helm koleksi member Belajar Helm? Jika iya, ikuti kegiatan mereka di Instagram @belajarhelm. Oiya, para maniak helm ini juga akan hadir di Jejak Roda 2018 lho.. Mereka akan buka booth dan kasih edukasi mengenai helm..

So sampai jumpa di #jejakroda 2018!

LEAVE A REPLY

*