Jelang MotoGP Sachsenring: Sirkuit Tipikal Honda, Momentum Yamaha

0
Prediksi-MGP-Jerman
Jelang MotoGP Sachsenring Jerman, duel sengit Honda versus Yamaha. Foto: Yamaha

Sachsenring (naikmotor) – Berbicara tentang data kemenangan sejak tahun 2010 di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pembalap tim Repsol Honda tak pernah absen. Dani Pedrosa meraih tiga kemenangan yaitu 2010, 2011 dan 2012. Sementara Marc Marquez meraih dua kemenangan sejak Ia resmi membalap di kelas MotoGP.

Artinya, tipikal sirkuit yang terbilang stop & go ini, cukup memihak ke karakter motor Honda. Meski terdapat bagian sirkuit yang berkarakter fast corner (R8-R12) namun manifesto keuntungan di trek, sangat menguntungkan bagi Honda.

“Saya sangat termotivasi setelah mampu menunjukkan kembali pertarungan alot dengan Valentino Rossi di MotoGP Assen. Paling tidak ini menjadi bukti bahwa kami sudah mendapatkan kembali performa motor yang selama ini menjadi masalah besar. Tentunya saya siap menyajikan pertarungan yang lebih baik lagi di seri mendatang,” ujar Marc Marquez menjelang pagelaran MotoGP di Jerman.

Lalu bagaimana dengan peluang kemenangan para pembalap Yamaha? tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Lantaran sejak musim kompetisi 2015 berlangsung, baik Valentino Rossi maupun Jorge Lorenzo masing-masing mampu menunjukkan skill terbaiknya dengan mendominasi kemenangan.

Meski karakter Sachsenring cukup memihak ke karakter motor Honda, tapi momentum yang dimiliki Yamaha dan beberapa kekuatan seperti di fast corner, bakal bagian yang bakal mereka maksimalkan. Dan patut diingat, pagelaran MotoGP Jerman juga terkadang disertai dengan perubahan cuaca yang tak menentu. Sehingga hujan bisa saja mengguyur sirkuit pada saat balapan berlangsung.

Peluang kemenangan lain juga datang dari Ducati dan Suzuki. Ducati terakhir kali meraih kemenangan di sirkuit ini, ketika masih diperkuat oleh Casey Stoner. Meski setelah itu tidak pernah ada lagi penampilan spesialnya, namun tahun ini mereka punya GP15 yang mulai tampil kompetitif, terutama di tipe sirkuit stop & go.

Kemudian ada juga Suzuki. Mengapa Suzuki masuk dalam salah satu kontender? tidak lain karena top speed motor MotoGP tidak bakal berpengaruh di sirkuit Sachsenring. Sehingga konsentrasi tim hanya butuh konsentrasi di zona akselerasi saja. Meski tak mudah karena fakta saat balapan mereka selalu kedodoran, namun selalu ada kesempatan di tiap seri berbeda.

Lalu siapakah yang bakal meraih kemenangan di MotoGP Sachsenring, Jerman? jelas masih akan sajikan duel antara Honda VS Yamaha. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY