Michelin Siapkan 4 Kompon Ban Malah Bikin Marquez Bingung

0
170
Marquez Bingung
Hadapi MotoGP Argentins Michelin menyiapkan 4 kompin ban, justru membuat Marquez bingung. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Sirkuit Termas de Rio Hondo untuk MotoGP 2018 Argentina pada beberapa bagian telah di aspal baru, sehingga Michelin menyiapkan 4 tipe ban untuk menghadapinya. Tetapi langkah Michelin itu justru membuat Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez bingung.

Pasalnya, dengan adanya 4 set ban pilihan baik untuk bagian depan dan belakang dari Michelin akan lebih sulit memahami karakteristik setiap kompon di Argentina. “Dengan Michelin membawa 4 set ban berbeda baik untuk bagian depan maupun belakang akan lebih sulit untuk merasakan bagaimana agar nyaman dan memahami karakteristik setiap kompon di Argentina,” keluh Marquez.

Michelin tampaknya berusaha menghindari kejadian memalukan dua tahun lalu ketika terpaksa menarik semua ban belakang, dan menyediakan kompon khusus di menit-menit terakhir. Langkah Michekin itu dilakukan akibat terjadinya permasalahan yang dialami Scott Redding di latihan bebas ke-4.

Tetapi sekarang justru membuat Marquez bingung. Dengan banyaknya rentang kombinasi ban dan terbatasnya waktu latihan bebas akan mempersulit pemahaman semua kompon yang disediakan. Apalagi diperkirakan cuaca akan hujan saat race di MotoGP 2018 Argentina itu.

“Kita sekarang memiliki 4 kompon berbeda untuk roda depan dan 4 untuk roda belakang. Itu akan membuat semua pembalap kerja keras, sebab menjadi terlalu banyak kompon berbeda ditambah ban basah dan aspal baru,” tambah juara MotoGP 2017 itu. “Meski sebenarnya langkah Michelin itu baik untuk keselamatan di aspal baru Aregntina.”

Saat ini 75% trek Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina telah dilapisi aspal baru. Pada musim 2017 lalu di Argentina, Marquez terjatuh di lap ke-3 padahal pole position. “Saya terlalu memaksa di awal-awal putaran, padahal saya memakai ban kompon keras di bagian depan, dan ban belum siap benar.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*