Cafe Racer Honda CL175 ‘Skater of Century’ Steve Caballero

0
201
Steve Caballero
Steve Caballero berkolaborasi dengan Denton Moto Collective membangun cafe racer berbasis Honda CL175 1969. Foto: Paul N. Collins

NaikMotor – Steve Caballero bukan hanya memikat para skater muda mengasah skill, tapi juga mempengaruhi dalam hobi kustom motor.  Baru-baru ini pro skater itu kolaborasi dengan Denton Moto Collective membangun cafe racer Honda CL175 1969.

Namun yang dibangun bukan sekadar cafe racer buat eksebisi. Honda jadul 2-silinder itu sengaja dibangun untuk  memenuhi spesifikasi balap American Historic Racing Motorcycle Association (AHRMA), yakni ajang balapan di Amerika Serikat yang diikuti motor-motor tua.

 Steve Caballero

Tidak pakai lama, David Morales builder Denton Moto Collective langsung gerak cepat supaya motor berjuluk ‘Cabracer360’ itu bisa turun balap. Proyeknya sendiri dikatakan menantang karena Steve Caballero tinggal di California sedangkan David dan tim berada di Texas.

“Saya di Denton, Texas, dan Steve di California jadi kami tidak berharap kolaborasi yang terlalu banyak. Namun Steve terlibat dalam semua aspek. Mulai dari memilih bagian-bagian bodi hingga meminta modifikasi mesin spesifik, komponen serta skema warna dan grafik akhir,” kata David.

 Steve Caballero

Di bawah instruksi Caballero, mesin jadi fokus utama. Piston standar dibuang diganti punya Arias yang lebih besar sehingga kapasitas mesin naik menjadi 209cc. Suplai kabut bahan bakar memakai Keihin PE22 dengan modifikasi dibagian leher yang dibuat lebih pendek.

Sektor pengapian mengandalkan dua merek handal Dyna coil dan RDL. Chain driven oil pump diganti punya Cappellini, dan knalpot kustom bikinan Denton Moto. Biar bantingan enak, fork depan diganti punya Ceriani diamter 35mm, sedangkan shock belakang RaceTech G3-S.

 Steve Caballero

Selesai urusan mesin dan kaki-kaki baru kemudian beralih ke bagian bodi. Tangki besi kini bermaterial full fiber custom made Tannermatic, fairing motor balap jadul dari fiber dipesan khusus kepada Airtech Streamlining dan jok dan buntut tawon dari bahan alumunium.

Terakhir motor dilabur dengan warna merah menyala. Sebagai detail pemanis, Denton Moto memanggil pinstriper kondang Wade O Wilson memberikan sentuhan Caballero sang ‘Skater of Century’ tasbihan Thrasher Magazine di bagian windshield dan ekor.(Agl/nm)

Sumber: Return of the Cafe Racers
Foto: Paul N. Collins

LEAVE A REPLY

*