LeanGP Membuat Gamer Serasa Menjadi Pembalap MotoGP Sungguhan

0
85
LeanGP
LeanGP games simulator dengan VR. Foto: Kickstarter

NaikMotor – Jika bosan dengan games balap yang hanya mengandalkan joystick, atau bahkan simulator. Kini ada LeanGP, games balap lengkap dengan simulator pintar dan virtual realty (VR), yang membuat gamer serasa menjadi pembalap MotoGP sungguhan.

LeanGP dikembangkan secara crowdfunding oleh tim dari Spanyol yang dipimpin oleh Felip. Games balap didesain sederhana, dengan simulator berupa mockup motor balap yang terdiri setang, sebagian rangka, subframe dan tangki. Sistem games bisa terkoneksi dengan PlayStation, Xbox, Nintendo dan Windows via USB.

Ada dua cara untuk memainkannya tergantung visual display-nya, yakni simulator dengan layar TV lebar atau simulator dengan VR. Jika dengan layar TV lebar maka dash replika motor akan menampilkan informasi layaknya sebuah motor balap. Jika dengan VR tentunya gamer akan seolah berada dalam trek layaknya pembalap sungguhan.

LeanGP didesain senatural mungkin, seperti grip gas dan rem dirancang sensitifitasnya seperti saat mengendarai motor sungguhan. Motor akan turut miring sesuai dengan putaran stang seperti layaknya sedang menikung.

Bahkan agar lebih natural, gamer akan dihadapkan dengan persoalan kompleks berkendara seperti perubahan countersteering sesuai kecepatan, termasuk soal keseimbangan saat bermotor. Meski sistem games telah mengurangi efek lean angle agar gamer tidak terjatuh dari simulator.

Belum lagi soal pindahnya titik berat ke depan saat mengerem. Sehingga gamer harus belajar soal weight transfer juga. Lengkap dengan bagaimana merasakan akselerasi, pengereman, kehilangan traksi dan jika berbenturan.

LeanGP kini telah ditawarkan di situs Kickstarter, dengan harga sekitar Rp 15 jutaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*