Rancangan Cimahi, Honda BeAT Dipermak Jadi Zoomer dengan Air Suspension

0
7949
Zoomer
Terlanjur kepincut dengan Honda Zoomer membuat Bayu Dastra harus putar otak. Foto: Istimewa/Dontstop Garage

NaikMotor – Terlanjur kepincut Honda Zoomer membuat Bayu Dastra harus putar otak. Sebab Zoomer memang tidak masuk Indonesia, unit yang ada di jalan hampir pasti bertsatus CBU sedangkan yang versi lawas sudah tidak diproduksi.  

Daripada cuma memendam hasrat lebih baik cari akal. Bayu kemudian membawa Honda BeAT miliknya ke Dontstop Garage di bilangan Cimahi, Bandung. Tujuannya cuma satu, yaitu supaya BeAT bisa berubah jadi Zoomer bahkan lebih keren dari aslinya.

Zoomer

“Karena Zoomer memang enggak masuk ke Indonesia jadi susah nyarinya. Jadi mendingan bikin aja sekalian ngikutin aslinya, tapi masih pakai basis dari Honda biar sesuai konsepnya,” kata Geri Turga, Punggawa Dontstop Garage.

Oleh Geri, BeAT standar langsung dipereteli, sub frame alias sasis belakang semua dipotong dibikin baru dari pipa seamless diameter 3,5 cm. Geri mengaku pembuatannya tidak terlalu sulit, sebab sebelumnya ia sudah beberapa kali membuat Zoomer modifikasi.

Zoomer

“Sasis belakang kita bikin semua baru, cuma rangka depan asli yang dipakai. Tapi untuk modif rangkanya kita bedain sedkit. Kebetulan kita ada motor aslinya jadi bisa buat patokan. Dimensinya pun sama tidak berubah,” katanya.

Beres urusan rangka tinggal pernak-pernik dimana hapir semuanya dibuat sendiri alias kustom. “Box depan kita bikin dari fiber, pelek custom sendiri, lampu depan dan braket lampu depan bikin, setang dan jok kita custom. Sisanya baru aftermarket,” imbuhnya.

Zoomer

Tidak cukup sampai disitu, air suspension di motor ini juga kustom. “Airsus kita bikin sendiri dari tabung silinder dan tabung angin kompresor. Ini memang kemauannya Bayu, tapi dia ingin masih bisa dipakai jalan jadi pas mentok masih sisa 2 cm dari aspal,” pungkasnya.(Agl/nm)

Spesifikasi:
1. Pelek: Custom 3 piece T3 popparts 12 inci, depan lebar 4 inci dan belakang 7 inci
2. Ban: Depan Swallow 90/90-12, belakang 140/70-12
2. Sasis: Custom
3. Jok: Custom
4. Stang: Custom
5. Lampu Depan: Custom
6. Box depan: Fiber Custom
7. Air Suspension: T3 popparts
8. Knalpot: Slave Industries

Builder: Dontstop Garage
Alamat: Jl. Sriwijaya 9 No 8 Cimahi, Bandung

LEAVE A REPLY

*