Bukan Penimbunan Lama yang Membuat Bensin Rusak, Tetapi Ini

0
153
Bensin Rusak
BBM produk Pertamina. Foto: NMC, Forwot

NaikMotor – Ternyata bukan soal penimbunan lama yang membuat bensin rusak tetapi air. Bensin produk Pertamina di SPBU juga tidak mungkin basi karena putaran produk BBM tidak lebih 1-2 hari di tangki timbun.

External Communication Manager PT Pertamina Persero, Arya Dwi Pramita, menyatakan Pertamina mempunyai waktu simpan BBM yang singkat. Sebab, di SPBU waktu simpan BBM kurang lebih satu sampai dua hari. “Karena sistem pendistribusian BBM di Pertamina menyesuaikan dengan penjualan harian, Pertamina juga menjaga kualitas BBM yang dikirim setiap hari,” tepisnya soal BBM basi.

Arya Dwi Pramita

“Jadi tidak mungkin BBM yang dijual itu sudah tertimbun sampai satu bulan,” tegasnya soal kualitas BBM Pertamina, saat Obrolan Ringan Seputar Otomotif garapan Forwot-Pertamina di Bogor, (26/3/2018).

Batasan Oli Mineral dan Oli Sintetis

Sementara Officer Commercial Retail Fuel Marketing PT Pertamina Persero, Indra Pratama menyampaikan bensin rusak jika tercampur air. Air di tangki bisa terjadi akibat masuknya udara bebas yang memang mengandung uap air. Jika tangki cukup lama kosong akan terjadi kondensasi, dan air itulah yang akan merusak kualitas bahan bakar. “Jadi yang berbahaya adalah air jika BBM sampai terkontaminasi,” pungkasnya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*