Menperin Airlangga Bicara Soal Motor Chopper Jokowi dan Potensi Kreatif

0
129

NaikMotor – Presiden Joko Widodo tampaknya serius ingin mengembangkan motor custom di Indonesia. Setelah membeli motor Chopperland beberapa waktu lalu, presiden kini bicara mengenai potensi motor custom kepada Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto. Apa komentar Airlangga soal motor chopper Jokowi?

Dalam akun Instagram Menteri Perindustrian @airlanggahartanto,  Airlangga mengatakan, hal itu dikatakan Presiden Jokowi saat dirinya berolah raga bersama pada Sabtu (24/3/2018). Sebelum berjalan kaki, Jokowi memanerkan motor chopper miliknya hasil kolaborasi KickAss Choppers dan Elders Garage.

“Sebelum jalan pagi bersama, kami sempat berdiskusi soal sepeda motor chopper keren milik Presiden yang baru dibeli beberapa waktu lalu. Bagi saya, motor milik Pak Presiden ini adalah potret potensi kreatif anak bangsa yang sangat inovatif. Melihat potensi pasarnya, industri motor custom layak didukung dan dikembangkan,” katanya.

Meski demikian satu hal yang jadi fokus perhatian yakni soal standar keamanan dan keselamatan. Sebab saat inj motor modifikasi masih bersifat home industry, hal ini penting supaya produk yang dihasilkan punya daya jual. “Kemampuan modifikasi harus sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan pengendara. Indonesia bisa!,” kata Airlangga.

Seperti diberitakan sebelumnya, motor chopper Jokowi merupakan motor produksi perdana kolaborasi dua wirkshop KickAss Choppers dan Elders Garaga yang diberi nama Chopperland berbasis Royal Enfield Bullet 350. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 bulan. Komponen lokalnya sekitar 70 persen, rangka, bodi, setang dan jok semua bikinan lokal.

Motor chopper Jokowi juga sebelumnya dibawa ke Jepang mengikuti gelaran Yokohama Hot Rod Custom Show 2017, Desember lalu. Pembicaraan presiden dengan sang menteri tampaknya realisasi janji saat penyerahan motor oleh tim Elders Garage dan para penggiat custom culture lainnya termasuk NaikMotor.com, Januari lalu di Istana Bogor. Presiden Jokowi saat itu menanyakan permasalahan yang ada di dunia kreatif otomotif termasuk produksi motor custom hingga kemungkinan ekspor.

Rangka Chopperland sendiri merupakan produk massal yang dijual untuk umum. Rangka tersebut dirancang untuk motor-motor berkubikasi 500cc ke bawah. Ketangguhan sasis itu sendiri sudah dites dari Jakarta-Pacitan-Jogja-Jakarta.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*