Antisipasi FIM Trial E-Cup, Trial Listrik Yamaha Dipatenkan Sebagai TY-E

0
Trial Listrik Yamaha Dipatenkan
Yamaha TYS250fi, sepertinya akan menjadi basis Trial Listrik Yamaha yang dipatenkan sebagai TY-E. Foto: Yamaha

NaikMotor – Sudah menjadi kebiasaan Yamaha memberikan kode TY untuk semua produk motor trial-nya. Sehingga tidak mengherankan kalau trial listrik Yamaha dipatenkan sebagai TY-E.

Paten penamaan untuk model trial listrik Yamaha itu sepertinya untuk mengantisipasi FIM Trial E-Cup yang sudah diperkenalkan sejak tahun lalu. Awalnya hanya diselenggarakan satu seri saja, tetapi tahun ini meningkat menjadi 2 seri. Seri pertama akan berlangsung di Auron Perancis san kedua Comblain au Pont. Regulasi yang diterapkan serupa untuk kelas 125cc.

Saat ini Trial-E lebih banyak diikuti oleh model buatan Electric Motion, SoREV, Mecatecno, dan juara Trial E-Cup 2017 Gas Gas. Trial listrik buatan Gas Gas itu menjadi satu-satu dengan kopling mekanis dan transmisi 6 percepatan.

Yamaha sendiri memang telah memiliki model trial bermesin bensin sejak 1973 yang berkode TY. Motor trial itu memiliki varian kapasitas dari 50cc sampai 350cc, meski tidak terlalu menonjol di luar Jepang. Sebab, motor trial sepertinya lebih di dominasi produk Montesa, Honda, Gas Gas, Beta, Sherco,TRRS dan Vertigo. Di Jepang, Yamaha lebih terkenal di arena nasionalnya dengan model TYS250fi.

Dengan aplikasi paten yang bocor dari European Union Intellectual Property Office, dipastikan trial listrik Yamaha dipatenkan dengan nama TY-E. Meskipun wujud motornya pun belumlah jelas benar, tetapi diperkirakan akan mirip dengan TYS250fi seperti di foto. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here