Panel Bodi Kasar Honda Beat Kusam Bisa Dilapis Ulang Dengan Cat Semprot Ini

0
5466
Panel Bodi Kasar Honda Beat
Panel bodi kasar Honda Beat kusam bisa dilapis ulang dengan cat semprot. Foto: Afid

NaikMotor – Panel bodi kasar biasanya  berbahan Polyurethane (PU) yang mudah kusam terpapar matahari. Seperti juga panel bodi kasar Honda Beat, cara mudah dan murah mengatasinya dilapis ulang dengan cat semprot.

Memiliki skuter matik pasti panel bodinya akan memudar apalagi jika sering terpapar matahari. Seperti Honda Beat FI 2013 yang dimiliki seorang teman, beberapa bagian panel bodi berbahan Polyurethane (PU) yang tampil hitam polos telah kusam. Tentunya teman itu tidak merasa nyaman skuter matiknya belang-belang seperti kena panu.

Beberapa panel bodi berbahan PU yang bisa disebut bodi kasar itu seperti: fender belakang, panel buntut bawah kiri-kanan (cover RR side), tutup atas lampu belakang atau cover tail lamp, cover knalpot, tutup boks filter udara, tutup mesin atau cover center, cover aki di dek, bagian dek, dan bagian lainnya yang berbahan plastik PU hitam polos itu.

Jika mengganti dengan part asli tinggal kalikan saja dengan harganya yang rata-rata di Rp 20 ribu, itupun buat komponen yang kecil. Tetapi jangan baper dulu, ada solusi mudah dan murah, cuma perlu teliti serta waktu. Yaitu, lapis ulang dengan cat semprot.

Diton Premium 9183 Black Semi Doff

Naikmotor.com menawarkan kepada teman untuk melapis panel bodi kasar Honda Beat memudar pakai cat semprot Diton Premium warna Black Semi Doff (9183). Warna itu paling mendekati ketika PU masih kinyis-kinyis. Diton Premium Black Semi Doff 400cc sekalengnya sekitar Rp 35 ribuan. Untuk semua panel bodi panuan tadi hanya butuh sekaleng saja. Tidak perlu tambah Kalpanax atau Canesten, ya, biar tetap murah biayanya.

Selain itu siapkan obeng plus yang orang Inggris bilang Philips screw driver buat melepas sekrup pengikat bodi, juga kunci sok 10mm dan 14mm. Jangan lupa amplas no 800 atau 1000, juga koin Rp 1.000 itu buat nanti kita kerokan, setelah repot mengecat. Sebelum memulai jangan lupa berdoa, kirim WA ke kantor biar tidak sampai dipecat karena sedang sibuk mengecat.

Ini langkah berikutnya:
1. Lepas semua panel bodi yang sudah memudar itu dengan obeng dan kunci.
2. Bersihkan permukaannya agar bebas dari kotoran, minyak dan debu, kalau perlu cuci sampai bersih dan keringkan.
3. Perhatikan permukaan yang akan dilapis ulang dengan cat semprot, jika terlihat kasar karena baret atau tergores haluskan dengan amplas. Bersihkan sisa pengamplasan.
4. Kocok botol kaleng cat Diton Premium Black Semi Doff selama 1 menit.
5. Semprotkan cat tipis-tipis dan merata, lakukan pelapisan hingga 3 kali. Jangan lupa beri waktu jeda antar sesi sekitar 3 menit.
6. Biarkan mengering di udara hangat selama sekitar 30 menit sebelum panel-panel dipasang kembali.

Pelapisan ulang panel bodi kasar Honda Beat akan lebih optimal jika dilakukan di luar ruangan dengan suhu di atas 25°Celcius, dan cuaca cukup hangat untuk mempercepat pengeringan. Tetapi jangan di bawah terik matahari langsung agar kulit kita tidak menjadi Black Semi Doff, berat … biar panel bodi kasar BeAT saja. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*