Pendiri Aprilia Ivano Beggio Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun

0
93
Pendiri Aprilia Ivano Beggio Meninggal Dunia
Ivano Beggio, pendiri Aprilia telah meninggal dunia, 13 Maret 2018. Foto: Aprilia

NaikMotor – Grup Piaggio tengah berduka, pasalnya pendiri Aprilia Ivano Beggio meninggal dunia di usia 73 tahun, di Montebelluna, Italia, 13 Maret 2018 malam, setelah lama menderita sakit.

Ivano Beggio mulai berkutat dengan mesin pabrik ketika masih sangat muda, ia bergabung dengan ayahnya Alberto di pabrik perakitan sepeda Aprilia di Noale yang tengah pulih dari perang. Pada awal keterlibatannya ia hanya membantu ayahnya tetapi ketika mengambil alih usaha dari ayahnya pada 1970, Ivano mulai mengubah usaha dengan memproduksi sepeda motor dan skuter.

Pada tahun 1975 Aprilia mulai membangun motor balap, yang pada tahun 1977 mereka memenangkan kejuaraan di Italia di kelas 125cc dan 250cc. Sehingga kemudian banyak nama terkenal pernah bergabung dalam timnya seperti Max Biaggi, Marco Simoncelli, Valentino Rossi, Casey Stoner, Alvaro Bautista, Loris Capirossi dan Marco Melandri

Pada tahun 1980, Aprilia mulai mencoba produk sepeda motor kapasitas kecil (50-125 cc). Bersamaan dengan itu hingga 1990 berbagai produk Aprilia mulai meraup sukses, sebagai produk untuk komuter kota dengan estetika dan teknologi inovatif. Misalnya Scrabble, yang mulai diperkenalkan 1991. Kemudian pada 1992 Aprilia membuat skuter dan motor bermesin dua langkah pertama dengan konverter katalitik. Pada 2000 lahir mesin Ditech (Teknologi Direct Injection).

Ivano kemudian menggiring Aprilia memproduksi motor besar pada 1998, dengan mendirikan RSV Mille. Pada tahun 2000, Ivan mengakuisisi merek dagang Moto Guzzi dan Moto Laverda, dan mencapai banyak keberhasilan termasuk di motorsport. Pada tahun 2004 bergabung dengan Piaggio Grup dan menjadi presiden kehormatan perusahaan sampai 2006.

Hingga pendiri Aprilia Ivano Beggio meninggal dunia di Montebelluna, Italia, 13 Maret 2018 malam, setelah lama menderita sakit.

Roberto Colaninno, bos Piaggio Group menyatakan Ivano Beggio telah berhasil menggabungkan keberanian dan keterampilan seorang entrepreneur dengan kreativitas dan passion mendalam di dunia sepeda motor. Sehingga melanjutkan Aprilia di dunia balap dan produk terbaik sebagai penghormatan baginya.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*