Tragis, Motor Langka Lamborghini Design 90 Dilelang Tetapi Tidak Laku

0
2950
Lamborghini Design 90
Motor buatan Lamborghini Design 90 yang langka. Foto: H&H

NaikMotor – Siapa yang tidak mengenal Lamborghini, sebuah merek supercar mewah dari Italia. Tetapi ternyata di tahun 1980-an pabrikan Italia itu pernah memproduksi sepeda motor, Lamborghini Design 90 yang hanya sempat dibuat 6 unit saja.

Pada masa 1980-an Lamborghini tengah dimiliki pengusaha Perancis, Patrick Mimran. Saat itu strategi perluasan usahaya selain supercar mewah, sehingga sempat hadir prototipe SUV, yang perancangannya melibatkan juga ahli otomotif Indonesia, Soeparto Sujatmo. Selain SUV, Lamborghini juga membuat boat. Supercar-nya yang terkenal, Countach dihadirkan pada masa itu.

Lamborghini dalam masa yang sama merambah superbike, namun perancangan dan produksinya disubkontrakkan ke Boxer Bikes. Sehingga Lamborghini Design 90 menjadi nama motor itu, karena Boxer Bikes dikenal juga sebagai Boxer Design.

Lamborghini Design 90 memang memiliki garis desain seperti supercarnya. Dengan rangka aluminium dan panel bodi serat kaca yang ringan. Motorpun hanya memliki berat 90kg dan penampilannya aerodinamis.Mesinnya bukan V12 seperti supercarnya, tetapi 997cc 4 silinder segaris dari Kawasaki. Mesin menghasilkan 130 daya kuda.

Tetapi malang, Lamborghini terpaksa pindah tangan ke Chrysler pada 1987, sementara Boxer Bikes tidak termasuk dalam akuisisi itu. Sehingga Design 90 pun tak terurus lagi, dan hanya sempat dibuat 6 unit saja.

Kini salah satunya, dengan rangka bernomor BOXERL002 telah dilelang oleh H&H auction di National Motorcycle Museum Inggris, namun tak seorangpun berminat. Padahal motor baru mencapai 7.200 km pada spidometernya. Harga awal penawarannya sekitar Rp 806 jutaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*