Knalpot Memudar Bisa Dilapis Ulang dengan Cat Semprot Tahan Panas Ini

1
13281
Cat Tahan Panas
Aplikasi Diton Cat Tahan Panas Hi-Temp Black untuk knalpot Honda BeAT. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Warna knalpot akan memudar akibat paparan panas mesin ataupun karena usia pakai. Untuk mengembalikan penampilannya bisa dengan Diton Cat Tahan Panas.

Menurut Steve Adrian, Marketing Communication PT Difan Prima Paint, produsen Cat Semprot Diton, “Diton Cat Tahan Panas, hi-temp Black, kemasan aerosol 300cc diformulasikan untuk melapisi media yang selalu terpapar panas seperti knalpot, blok mesin bahkan untuk peralatan rumah tangga seperti tatakan burner kompor dan oven. Harganya relatif terjangkau mulai Rp 42.900.”

Pada sepeda motor, blok mesin atau knalpot adalah bidang yang paling panas. Pembakaran di blok mesin bisa mencapai 600° Celcius, sementara di knalpot suhunya lebih rendah.

Pada zaman now, knalpot sepeda motor umumnya diberi warna hitam semi doff. Hanya pada model retro atau model tertentu masih dilapisi krom. Diton sendiri memang menyediakan 2 varian cat tahan panas, selain hi-temp Black lainnya adalah Silver.

Seiring waktu knalpot warna hitam bisa berubah warna, baik warna yang memudar atau timbulnya warna coklat karena karat terutama pada bidang sambungan. Pastinya paparan panas tinggi adalah penyebab perubahan penampilan knalpot itu.

Solusinya bisa dengan melapis ulang menggunakan Diton Cat Tahan Panas hi-temp Black. Begini langkahnya kata Steve:

1. Lepas knalpot dari motor, misalnya pada Honda Beat, ada 2 mur ukuran 10mm yang mengikat ke bagian exhaust mesin, dan 2 baut ukuran 14mm penopang pada blok mesin. Jangan lupa lepas cover plastik knalpot dengan kunci sok 10mm.

2. Bersihkan permukaan luar knalpot itu dari kotoran, minyak dan karat dengan mengamplasnya dengan no 800-1000.

3. Kocok botol aerosol Diton Cat Tahan Panas sekitar 1 menit agar cat tercampur merata.

4. Semprotkan cat dengan jarak sekitar 30 cm dari objek. Semprotkan tipis-tipis, lakukan pengulangan dengan arah semprotan bersilangan, jika disemprot awal dengan horizontal, semprotan berikutnya lakukan secara vertikal. Berikan waktu jeda antar sesi setiap 3 menit untuk memberikan kesempatan lapisan awal mengering.

5. Lakukan pelapisan setidaknya 3 kali pada objek.

Pengecatan dengan Diton Cat Tahan Panas akan lebih efektif jika dilakukan di luar ruangan dengan cuaca cerah dan suhu lingkungan di atas 25°Celcius. Aplikasi cat akan lebih optimal setelah dikeringkan selama 24 jam. Naikmotor.com membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk menyelesaikan pengecatan ulang knalpot Beat dengan Diton Cat Tahan Panas itu, termasuk bongkar pasang. Coba deh… (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*