Suzuki Hayabusa 2019 akan Dilengkapi Transmisi Semi Otomatis

0
106
Transmisi Semi Otomatis Suzuki Hayabusa 2019
Suzuki Hayabusa 2019 akan dilengkapi transmisi semi otomatis. Foto: MCN

NaikMotor – Hypersport Suzuki generasi berikutnya akan dilengkapi transmisi baru. Transmisi semi otomatis Suzuki Hayabusa 2019 sudah didaftarkan di badan paten.

Transmisi semi otomatis Suzuki Hayabusa 2019 itu telah didaftarkan di badan paten Jepang, Amerika Serikat dan Jerman, seperti menandakan akan benar-benar diterapkan. Pada dokumen paten tersebut tercatat nama Hideaki Takahashi, yang selalu dihubungkan dengan transmisi Suzuki.

Pada aplikasi dijelaskan transmisi mirip tipe manual dengan foot-control untuk naik turun rasio gir. Tetapi berbeda dengan transmisi manual, tuas kontrol kaki jika ditekan atau diungkit akan mengubah rasio gir secara mekanis.

Pada automated manual transmission (AMT) Hayabusa 2019, tuas akan memberikan input ke ECU untuk menggerakkan motor pengubah rasio gir, baik upshifting maupun downshifting. Untuk itu pada sistem ditempatkan shift sensor yang membaca input tuas kontrol kaki. Sehingga transmisi semi otomatis Suzuki Hayabusa 2019 itu bisa juga disebut sebagai shift by wire.

Masih pada dokumen paten, sketsa motor yang menggunakan AMT itu mirip dengan Hayabusa generasi terakhir. Sedangkan Suzuki Hayabusa sendiri pertama kali diperkenalkan pada 1999 dan generasi terakhirnya pada 2008. Diperkirakan AMT akan diterapkan pada Hayabusa 2019 dalam rangka ulang tahun ke-20 kehadirannya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*