Mau Touring Pakai Box Tambahan, Simak Tips dari Rini Rismawati

0
57
box tambahan
Meski pakai box tambahan sudah lumrah buat touring bukannya tanpa perhitungan. Foto: Gilang

NaikMotor – Touring jarak jauh butuh banyak perbekalan, dan untuk menambah volume angkut biker sering memakai box tambahan di sisi kanan kiri motor. Meski kesannya sepele tetap saja menggunakan box tambahan perlu perhitungan tersendiri.

“Penting kalau kita pakai box tambahan kiri kanan motor kita perhatikan beratnya. Jangan sampai lebih berat salah satu. Paling baik kita timbang barang bawaan, kemudian kita bagi dua dengan berat yang sama kanan-kiri,” buka Rini Risnawati.

Pembagian berat kiri kanan pada box penting supaya motor seimbang. “Cukup berasa lho kalau salah satu lebih berat. Berasanya nanti kalau udah jalan lumayan lama, dan itu enggak enak,” kata biker yang tahun lalu ikut IOX 2017 Celebes ini.

Rini Risnawati
Rini Risnawati tahun ini ikut West Java Motorcycle Overland 2018.

“Kalau aku di kiri misalnya, aku pakai buat nyimpan tools dan perkakas lain yang berat, sementara di kanan pakaian tapi yang berat. Kalau di box kiri 4 kg sebaiknya di kanan juga 4 kg. Gimana caranya ya kita yang bagi supaya seimbang,” imbuh Rini.

Selain bos kiri kanan, Rini mengatakan biker juga harap perhatikan top box untuk barang bawaan. Wanita yang bisa bongkar motor sendiri ini mengaku lebih suka pakai duffel bag (tas jinjing olahraga) yang besar dibandingkan pakai top box hardcase.

“Pakai duffel bag tapi yang waterproff. Lebih enak daripada hardcase. Pertama duffel bag gampang dilepas dan bisa kita bawa-bawa. Kedua, pegangan top box biasanya melebihi bodi motor, dan kalau diisi barang banyak motor jadi kurang lincah,” pungkasnya.(Agl/nm)

Nice tips mbak…

LEAVE A REPLY

*