MotoGP di Assen Bakal Balap Hari Minggu Mulai 2016

0
Assen-Lead
MotoGP Assen mengalami kesulitan untuk memenuhi kuota jumlah penonton dibandingkan dengan negara-negara lain, karena itu mulai 2016 akan dipindah ke Hari Minggu

Assen (naikmotor) – Sejak balap motor GP500 hingga kelas MotoGP digelar di Assen, Belanda, penyelenggaraan balapan selalu dilaksanakan pada hari Sabtu. Namun mulai tahun 2016 nanti, penyelenggaraan balap akan dipindahkan ke hari Minggu. Ini berkaitan dengan strategi finansial dan atraktif jumlah penonton di sirkuit tersebut.

Dikabarkan, Assen mengalami kesulitan untuk memenuhi kuota jumlah penonton yang kurang banyak dibandingkan dengan ajang balap MotoGP di negara-negara lain. Salah satu penyababnya setelah diteliti, ternyata karena waktu penyelenggaraan yang tidak sesuai dengan waktu lowong penonton. Di mana sesi latihan sudah berlangsung Kamis yang merupakan hari kerja dan kualifikasi berlangsung Jumat.

Akibatnya, penonton lebih banyak yang mengambil jatah nontonnya dari rumah atau dari kantor untuk jumlah penonton di sesi kualifikasi atau sesi latihan. Padahal kuota penonton ini bisa menjadi kuota penjualan tiket dan pemasukan finansial bagi pengelola sirkuit.

Tapi mulai tahun depan, itu tidak akan terjadi lagi. Sebab Dorna Sports dan pengelola Assen, sepakat memindahkan balap MotoGP dari Sabtu ke Minggu seperti di negara-negara lain penyelenggara balap MotoGP.

Diprediksi akan ada peningkatan 5-10 persen jumlah penonton dibandingkan pada penyelenggaraan hari Sabtu.  (Spy/NM) Foto: Dorna MotoGP

 

LEAVE A REPLY