Ini Komentar Pembalap MotoGP Soal Trek Sirkuit Buriram

0
Komentar Pembalap MotoGP Soal Trek Sirkuit Buriram
Trek Sirkuit Buriram dipandang sukit oleh Pembalap MotoGP. Foto: gpone

NaikMotor – Untuk pertama kalinya para Pembalap MotoGP merasakan trek Sirkuit Chang di Tes Pramusim MotoGP 2018 Buriram yang tengah berlangsung hingga 18 Februari 2018. Banyak komentar Pembalap MotoGP soal trek Sirkuit Buriram, ada yang menyebut sesuai dengan gaya balap tetapi ada pula yang menyatakannya berbahaya.

Di hari pertama Tes MotoGP 2018 Buriram para pembalap memiliki waktu 8 jam untuk merasakan pertama kalinya Sirkuit. Komentar pembalap MotoGP dari Tim Repsol Honda, Marc Marquez, tampaknya jauh dari harapannya dibandingkan saat survey menggunakan Scoopy di hari sebelumnya. Marquez bilang, “Sehari sebelumnya, dengan skuter, saya pikir ini adalah trek cepat. Tetapi dengan motor balap ternyata lebih lambat. Terlalu banyak dengan tikungan dengan gir kedua ketiga, ditambah pengereman dan akselerasi kuat. Pengaturan keausan ban akan sulit di sini.”


Pendapat lebih lanjut disampaikan rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, “Sirkuit cukup ketat sehingga penting menentukan race line yang tepat. Perlu waktu banyak. Tetapi kunci penting kecepatan ada di sektor pertama dengan 2 trek panjang.”

Sementara Rossi yang pernah merasakan sirkuit pada 2015 dengan motor produksi ber-cc menengah menyamakannya dengan Sirkuit Austria dengan tikungan dan trek lurusnya seperti juga Argentina, aspalnya mudah. Rekan setim Rossi, Maverick Vinales memberikan komentar senada, dan menyukai trek Buriram.

Andrea Dovizioso menyatakan cukup aneh, dengan tikungan tajam selebihnya tikungan cepat, jadi perlu waktu yang tepat kapan mengerem. Lorenzo malah menyebutnya berbahaya, Buriram rumit untuk menemukan batas. Tikungan terakhir cukup berbahaya terutama jika hujan, seperti juga tikungan sebelumnya.

Berlawanan dengan Lorenzo komentar Pembalap MotoGP soal trek Sirkuit Buriram dari tim satelit Ducati, Petrucci justru menyukai trek buriram. Ia memang mencari trek dengan pengereman kuat sekaligus memiliki tikungan cepat. Trek Buriram berkondisi bagus, ia berharap bisa melampaui catatan waktu pembalap WorldSBK. Bahkan Danillo Petrucci menyamakannya dengan trek Monza. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here