Menyasar Bocah Petualang, Yamaha YZ65 Offroader Mini Bergaya YZ450F Diluncurkan

0
26
Yamaha YZ65 Offroader Mini
Yamaha YZ65 motocross mini pencetak crosser muda. Foto: Yamaha

NaikMotor – Yamaha YZ65 offroader mini baru saja diperkenalkan Yamaha Eropa untuk menyapa 2018. Meski menyasar crosser cilik, tetapi YZ65 terinspirasi YZ450F, dengan mesin dan sasis baru.

Yamaha YZ65 offroader mini itupun sepertinya menjadi pertanda pabrikan berlogo gapu tala itu beranjak dari model-model PW50 dan TT-R yang kekanakan. Model baru offroader mini itu memang ditujukan untuk mencetak crosser muda, seperti model-model YZ lainnya.

Motocross mini tersebut didesain kokoh seperti model seniornya. Dengan rangka semi double cradle dan subframe aluminium yang bisa dilepas pasang dan swingarm aluminium untuk menjamin stabilitas dan kemudahan pengendalian oleh crosser bocah sekalipun.

Offroader mini itu menggunakan ban ukuran 60/100-14 di bagian depan dan belakang 80/100-12. Sementara untuk peredaman mengandalkan KYB 36mm fully adjustable di bagian depan dan belakang monocross suspension system tanpa link untuk kemudahan perawatan.

Mesin Yamaha YZ65 itu memang benar-benar berdesain baru. Kapasitasnya 65cc berpendinginan cairan, 2 langkah. Sistem induksi bahan bakarnya mengandalkan reed valve crankcase serupa pada model untuk keperluan race. Ditambah dengan unit pengapian Digital (CDI) yang presisi.

Pada port exhaustnya ditambahkan Yamaha Power Valve System (YPVS) mekanis agar terjadi tendangan balik yang cukup, untuk menjaga agar torsi tetap kuat di putaran rendah sekalipun. Uniknya, meski berukuran mini tetapi YZ65 dilengkapi transmisi manual 6 percepatan agar tetap bisa bergerak optimal di berbagai sirkuit berbeda. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*