Tak Pernah Juara, Randy Mamola Diangkat Menjadi MotoGP Legends

0
42
Randy Mamola Diangkat Menjadi MotoGP Legends
Randy Mamola menjadi MotoGP Legends meski tidak pernah juara. Foto: motogp

NaikMotor – Meski belum pernah menjadi juara dunia Grand Prix sepeda motor tetapi Randy Mamola diangkat menjadi MotoGP Legends. Mamola akan diinagurasi pada saat seri MotoGP 2018 Austin, Amerika Serikat.

Randy Mamola diangkat menjadi MotoGP Legends baru sebagai penghormatan atas pengabdiannya di balapan dunia sepeda motor. Pembalap yang berasal dari San Jose, Amerika Serikat telah memulai karir balapannya sejak 1979 di kelas 250cc.

Di tahun yang sama Mamola pindah ke kelas 500 cc hingga pensiun di 1992. Berbagai tim telah diikutinya mulai dari Bimota, Yamaha, Suzuki, Honda, Cagiva dan kembali ke tim Yamaha di 1992.

Selama karirnya Mamola pernah mencicipi podium sebanyak 57 kali dalam 13 musim karirnya dan 4 kali sebagai runner up juara dunia. Pembalap seangkatan Wayne Gardner, Freddie Spencer, dan Kenny Roberts Sr itu dikenal dengan gaya balapnya yang agresif.

Namun, Mamola dikenal sebagai pembalap yang ramah kepada siapa saja, baik itu ke penggemar, lawan, tim dan jurnalis. Bahkan, setelah pensiun ia menjadi salah satu penggagas badan amal Riders for Healthy, dan komentator MotoGP di TV, dan pelatih pembalap. Termasuk menjadi bagian tim pengembangan motor balap Cagiva.

Sepertinya balapan dunia GP telah menjadi bagian hidupnya sehingga tak heran jika Randy Mamola diangkat menjadi MotoGP Legends. Mamola mengatakan, “Saya tak berharap tetapi diangkat menjadi MotoGP Legends mengubah pandangan hidup saya. Saya akan berusaha mengabdikan penuh pada dunia balap, meskipun sepertinya saya menjadi MotoGP Legends pertama yang tidak pernah menjadi juara dunia.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*