Balap MotoGP Listrik FIM MotoE World Cup Hanya 5 Seri di Eropa

0
FIM MotoE World Cup
FIM MotoE World Cup akan berlangsung 5 seri di musim 2019 di Eropa. Foto: Enel

NaikMotor – Balapan MotoGP listrik yang akan diselenggarakan 2019 mendatang diperkenalkan lebih luas. Saat event bernama resmi FIM MotoE World Cup diluncurkan (6/2/2018) berbagai detail kejuaraan pun diperkenalkan.

Penyelenggaraan MotoE itu akan parallel dengan MotoGP, seperti yang dipublikasikan sejak tahun lalu. Sebagai penyuplai sepeda motor balap listrik adalah pabrikan dari Italia Energica, yang menyodorkan model Energica Eco.

Dalam press event MotoE itu pula diumumkan sponsor utamanya, yakni Enel. Perusahaan teknologi kendaraan listrik akan menyediakan pula sistem fast charging untuk MotoE. Teknologi pengisian baterai yang memakan waktu beberapa menit saja, untuk baterai Energica Eco berkapasitas 50 kWh.

Bukan hanya di paddock, tetapi Enel akan menyediakan stasiun charging di beberapa titik di sekitar sirkuit. Demikian pula dengan stasiun pengisian baterai mobile yang akan mampu mengisi aki dalam waktu kurang dari 30 menit.

Selain tentang motor, berbagai detail kejuaraan seperti tim, trek dan format balapan termasuk yang dijabarkan detailnya saat FIM MotoE World Cup diluncurkan. Balapan MotoGP listrik itu akan berlangsung sebanyak 10 lap saja tiap serinya. Tetapi dalam penyelenggaraan awal, di musim 2019 sementara hanya akan berlangsung 5 seri saja, dan semuanya berlangsung di Eropa.

Detail FIM MotoE World Cup berikutnya adalah akan ada sebanyak 18 grid yang diisi oleh tim GP yang ada. Rinciannya, 8 tim independen akan beranggotakan 2 pembalap, dan sisanya akan diisi oleh tim dari Moto2 dan Moto3 yang terpilih.

Format balapannya sendiri akan dimulai dengan free practise di hari Jumat, kualifikasi di hari Sabtu dan balapan di hari Minggunya. Sementara tes pramusim perdananya akan berlangsung akhir bulan ini di Jerez.

Seperti di MotoGP, penyuplai ban resmi MotoE adalah Michelin. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*