Mantap Nih, Yamaha Indonesia Mau Bikin Balapan Enduro

0
balapan enduro
Yamaha Indonesia berencana menambah balapan enduro di seri terakhir YSR 2018. Foto: Istimewa

NaikMotor – Yamaha Sunday Race (YSR) bakal makin meriah tahun ini. Selain membuka kelas balap untuk komunitas dan profesional, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bakal membuat balapan enduro di seri terakhir YSR 2018.

“Rencananya kita mau buat balapan enduro di seri terakhir YSR 2018. Regulasinya masih digodok. Balapannya 1-2 jam maksimal. Pesertanya bisa komunitas dan pro. Motor yang dipakai R25. Seru kan,” kata M Abidin, GM Aftersales Service and Motorsport YIMM.

Abidin mengatakan balapan enduro itu bakal dipisah dengan YSR. Impiannya balapan enduro nantinya juga dimeriahkan dengan acara Bike Meet, semacam acara gathering pengguna Yamaha seluruh Indonesia. “Inginnya ramai, jadi pesta gitu,” imbuhnya.

Ide membuat balapan enduro kata Abidin sudah dipikirkan sejak tahun lalu. Jika sesuai jadwal, maka Yamaha Indonesia merupakan pabrikan sepeda motor pertama kali yang memprakarasai balap enduro di Tanah Air.

balapan enduro

“Ada tapi setahu saya komunitas. Pabrikan belum. Nantinya kita pertama. Regulasi kita mencontoh balapan dunia. Tapi waktunya 1-2 jam saja, karena kalau komunitas dikasih 4 jam, waduh bisa meleleh mereka. Kalau start bisa saja flying start kaya di Suzuka, tapi masih dipikirkan,” jelasnya.

Tahun ini YSR memasuki tahun ke-5. Abidin mengatakan jumlah seri akan berlangsung 4 putaran. Selain aktivitas balap, YSR juga bakal dimeriahkan Yamaha Riding Academy (YRA) yang menyajikan sharing pengetahuan buat komunitas dan hiburan.

Format YSR tahun ini juga tidak berubah banyak dari 2017. Rencananya tetap ada Victory Lap mengitari trek Sentul, berbagai kompetisi dan game, Fun Riding Competition, Riding Analyzer, R15 Riding Experience, Racing Kit Market, hiburan musik dan lain-lain.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*