Difa Bike, Ojek Ramah Kaum Difabel yang Ditaksir Indro Warkop

0
Difa Bike
Difa Bike, motor rancangan Triyono untuk kaum difabel di Jogja. Foto: Arif

NaikMotor – Ada satu pemandangan menarik di acara ulang tahun ke-39 Black Angels MC, akhir pekan kemarin. Terlihat sosok motor bebek dengan gandengan yang ikut dipajang. Ternyata, itu Difa Bike, motor rancangan khusus kaum difabel yang sengaja dihadirkan dari Jogjakarta.

Menurut Triyono, penggagas Difa Bike, motor rancangan sendiri ini berawal dari tahun 2015 usai gempa besar mengguncang Jogjakarta. “ Tepatnya Februari 2015, banyak teman-teman difabel korban gempa sampai ada yang depresi. Saya dibantu teman-teman mulai merancang angkutan yang ramah terhadap kaum difabel,” tutur Triyono.

Untuk menghasilkan konstruksi motor buat angkutan kaum difabel yang ideal, ia harus menghabiskan waktu sampai enam bulan termasuk uji jalan ke Cilacap. Rancangan motornya bisa mengangkut kalangan difabel pengguna kursi roda dengan sistem buka tutup pintu belakangnya yang mudah dilakukan.

Hingga sekarang, armada yang dimiliknya mencapai 18 unit dengan mayoritas berbasis motor bebek serta 5 unit motor matik. Bagaimana soal tarifnya? “ Tarif kita Rp 20 ribu untuk 5 Km awal selang berikutnya Rp 2.500/km,” beber Triyono. Penumpang bisa memesannya melalui layanan sosial media yang dimilikinya, mulai aplikasi Whatsapp, Instagram @difacitytour, twitter dan Facebook. Dari pemesan via WA, nantinya akan disambungkan ke driver terdekat yang kini berjumlah 22 pengendara.

Hebatnya lagi, aplikasi Difa Bike sudah bisa diunduh di google play dan appstore. “Pengembangannya saya dibantu teman-teman dan kami latih juga ke yang lainnya, “tukas Triyono yang mengaku datang ke acara atas undangan Chief Black Angels MC, Iskandar Muda yang menjadi salah satu penyokong usahanya.

Ditambahkan Triyono, transportasi rancangannya juga bisa digunakan penumpang biasa, namun yang lebih prioritas adalah kalangan difabel.” Penumpang biasa bisa kita angkut setelah order difabel selesai atau jam longgar,” tambahnya lagi.

Bukan hanya Indro Warkop yang terkagum dengan motor rancangan Triyono. Namun perwakilan dari kedutaan Amerika, Mesir, Afrika Selatan, Australia termasuk negara-negara di Asean ikut memuji rancangan Difa Bike yang disebutnya sebagai satu-satunya di dunia.

“Makanya kita hadirkan di acara ini, untuk membuka kesempatan bagi yang mau ikut berinvestasi dalam pengembangan unit motor difabel,” sebut Indro Warkop, salah satu founder Black Angels MC. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here